Sabtu, 01 Desember 2012

Jane Austen Special in December

gambar nyomot dari film Persuasion 2007

Halo teman-teman!

Desember adalah bulan yang spesial. Bulan terakhir di tahun ini (dan tahun-tahun lainnya juga pastinya *plak!*), Natal, dan... terima THR buat yang beragama Kristen dan Katolik *plak lagi*. Namun, selain itu, bulan Desember juga adalah bulan kelahiran salah satu pengarang terkenal asal Inggris, Jane Austen. Yep, beliau lahir pada tanggal 16 Desember 1775.

Mungkin sudah banyak yang tahu siapa itu Jane Austen dan karya-karya yang dihasilkannya, tapi mungkin saja ada yang belum tahu. Siapa yang sudah pernah nonton Pride and Prejudice-nya Keira Knightley? Emma-nya Gwyneth Paltrow? Atau... Clueless-nya Alicia Silverstone? Nah, itu baru beberapa dari film yang diadaptasi dari novel karya Jane Austen. Selain itu, ada juga film Becoming Jane yang dibintangi Anne Hathaway dan James McAvoy yang bercerita tentang kehidupan Jane Austen.

Selain film adaptasinya, kalimat "It is a truth universally acknowledged, that a single man in possession of a good fortune must be in want of a wife" yang menjadi kalimat pembuka novel Pride and Prejudice-nya Jane Austen juga sudah sering sekali dikutip dan dijadikan kalimat pembuka novel-novel modern, terutama novel romance, walau kata-katanya sedikit diutak-atik.

Mengenai novel, banyak pula novel yang terinspirasi dari novel-novel Jane Austen. Kalau dari Indonesia, kita bisa sebut Three Weddings and Jane Austen karya Prima Santika. Kalau karya pengarang luar? Banyak lagi. Prada and Prejudice dan Scones and Sensibility adalah dua diantaranya.


Nah selama bulan Desember ini, saya akan mencoba posting hal-hal terkait Jane Austen. Bisa berupa review film adaptasinya, review bukunya, maupun review buku yang terinspirasi oleh karyanya. Akan ada giveaway juga pastinya. Tapi sebelumnya mohon maklum kalau nanti posting saya kurang mendalam atau ada salah-salah, karena genre klasik sebenarnya bukanlah genre favorit saya. Ini juga baru perkenalan buat saya. Jadi, kalau baca review saya dibawa santai aja yaaa.. Hehe. Kalau mau koreksi boleh lhoo.

Oh iya, tidak lupa dengan event spesial yang diadakan beberapa member BBI terkait ultah Jane Austen ini. Kita mengadakan posting bareng review novel karya Jane Austen pada tanggal 17 Desember 2012. Kalau mau bergabung, kamu bisa pilih satu novel Jane Austen yang mau kamu baca lalu pos reviewnya di blog kamu pada tanggal tersebut. Kalau ada pertanyaan atau sekedar ingin bilang mau gabung, silahkan tinggalkan komentar di post ini.

Sekian kick-off post saya. Panjang yaa... Nikmati postingan-postingan saya selanjutnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Jane Austen dan karya-karyanya? Klik disini.


----------------------------------------

Daftar list posting Jane Austen Special in December:

1. Review Buku Terinspirasi : 

2. Review Film:
Pride and Prejudice

3. Review Buku:

1 komentar:

  1. Asyiik ada temen ber-Jane Austen-ria bulan ini :D

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...