Minggu, 13 April 2014

HUT BBI + Giveaway Hop BBI 2014-Winner

Halo teman-teman!!!!

Hari ini, Blogger Buku Indonesia (BBI) berulang tahun yang ke-3. Wooow!!! Dan nggak kerasa saya udah 2 tahun lebih jadi anggota BBI.


Banyak hal yang saya rasakan selama bergabung di BBI. Banyak teman yang saya kenal di BBI, dan banyak juga kawan-kawan pengarang dan staf penerbit yang saya kenal. Buat kutu buku seperti saya, ketemu teman-teman yang punya hobi sama dan bisa kenal langsung dengan "penghasil" buku-buku yang saya baca rasanya tuh WOW banget!!

Dan khusus setahun terakhir ini, banyak juga yang sudah terjadi sama saya. Selain borongan buku *karena lumayan banyak sale buku yang bisa saya datangi*. Yang paling berkesan sih ini:

1. Jadi panitia Stand BBI di Festival Pembaca Indonesia 2013

Nah, kalau untuk ini sih saya sudah punya pos sendiri di sini.
Seru abiss...
Saya jadi seksi publikasi, tapi kayaknya kerjanya jadi lebih ke seksi dekorasi. Ahahaha. Emang lebih cocok di situ sih, soalnya saya orangnya suka menghias-hias. Tapi yang lebih seru tuh karena saya bisa ketemu sama temen-temen dari BBI Joglosemar alias Jogja-Solo-Semarang: Sulis, Bzee, dan Mbak Dani. WOOOWW!!! Udah gitu, mereka sempet bermalam bareng saya di hotel Novotel Gajah Mada bareng saya. Walau kami sebelumnya belum pernah ketemu langsung, bisa lho dengan cepat jadi akrab! Emang ya, yang namanya punya kecintaan yang sama, pasti gampang deket. Bikin saya makin semangat ketemu dengan teman-teman BBI di daerah lainnya. Kapan ya?
Sayang selama 2 hari IRF kepala saya sakit banget nggak mau ilang walau udah minum obat, jadi partisipasi dalam acara kurang maksimal deh. Semoga tahun ini bisa lebih bersenang-senang.

2. Jadi anggota Sie Event BBI

Iya, mulai Maret 2014 kemarin, saya bersama Chei dan Jo bergabung sebagai pengurus BBI di Divisi Event. Baru tau deh dalemnya BBI--terutama Divisi Event--tuh kayak apa. Ribet bo'! Tapi seru sih, sekalian belajar juga gimana mengatur suatu kegiatan baik di dunia maya semisal untuk acara HUT BBI ini maupun di dunia nyata seperti partisipasi di bazaar/seminar kepenulisan/perbukuan. Kalau masih ada kurang yaa maapin aja yak. ihihi.. Semoga ke depan semakin banyak acara seru dari BBI. Yaay!!

3. Jadi First Reader

Nah, ini mungkin dampak jangka (cukup) panjang dari gabung BBI. Sejak punya blog buku dan gabung di BBI, saya jadi terbiasa menulis resensi buku dan juga cara mengungkapkan pikiran saya terhadap buku yang sudah saya baca. Kalau ada buku yang saya suka, saya nggak sekedar tulis "SUKA BUANGEEETT" di blog dan kalau bukunya saya nggak suka cuma nulis "IIH PENGEN GUE BUANG TUH BUKU" tapi belajar menulis alasannya dengan rinci.
Suatu hari (halah kayak dongeng aja!) ada penerbit yang memasang iklan sedang mencari First Reader. Saya coba-coba aja daftar. Di formulir pendaftarannya, saya diminta menuliskan pendapat mengenai 5 buku yang terakhir saya baca. Saya tulis aja seperti saya menulis di blog tapi lebih singkat. Nggak nyangka, saya terpilih. Untuk detil kerjaan, saya nggak bisa bilang walau sebenarnya dari kata First Reader aja udah kebayang sih yaa. Namun saya bersyukur banget atas kesempatan untuk bisa tahu mengenai dunia penerbitan lebih jauh, betapa untuk satu novel aja dipikirinnya masak-masak banget, dari isi sampai kemasannya, lalu kesempatan untuk bertemu dan berteman dengan pengarang (dan calon pengarang) novel. Banyak belajar, dan terutama menambah penghargaan saya kepada orang-orang yang bekerja di bidang penerbitan dari pengarang sampai desainer cover.

Naaah itu cerita saya dengan BBI selama setahun kemarin. Buat teman-teman yang suka baca dan suka ngepos resensi buku yang sudah dibaca, bisa lho mendaftar ke membershipbbi@gmail.com. Nanti kita bakal seseruan bareng (termasuk bokek bareng karena kalap borong buku diskonan haha!)


Laluu... saat yang ditunggu.... PENGUMUMAN PEMENANG GIVEAWAY HOP BBI 2014!!!

Setelah membaca komentar teman-teman mengenai mana yang lebih disuka: buku pengarang Indonesia atau luar, ternyata banyak teman yang suka dua-duanya tapi untuk genre-genre tertentu saja. Misalnya untuk fantasi masih lebih memilih dari pengarang luar. Iya sih, buku-buku fantasi pengarang luar tuh emang lebih "liar" ya. Saya sendiri sebenarnya pembaca yang lebih suka baca buku dari pengarang luar, terutama untuk genre remaja. Tapi, akhir-akhir ini saya sedang giat membaca karya pengarang dalam negeri terutama untuk genre historical fiction Indonesia.

Pemenangnya... adalah...
ADELIA AYU

Selamat yaaa... 3 buku saya sebentar lagi akan berpindah tangan ke kamu.
Silahkan kirim nama, alamat lengkap dan no telp yang bisa dihubungi ke martina.s.daruli@gmail.com untuk kepentingan pengiriman paket. 

Buat yang belum beruntung, saya doakan kalian beruntung di blog lainnya.
Terima kasih atas partisipasinya!!!





9 komentar:

  1. hahahaha, apalagi ketemu sesama yang ngefans boyband Korea :D
    btw, yang first reader itu dari GagasMedia ya? akkkkk pengen, sayang banget harus domisili Jabodetabek, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha GUBRAK! HIDUP KOREA... DAE.... HAN MIN GUK prok prok... prok prok... *ngaco*

      Iya ya. Mungkin nanti akan ke Solo, soalnya kan di Bandung udah ada tuh..

      Hapus
  2. Masih belum beruntung, huft... semoga di tempat lain punya kabar yang menyenangkan. Selamat untuk pemenang ^^ Dan selamat ulang tahun yang ketiga BBI :)

    First Reader yang dari GagasMedia ya Kak? Aku ikutan, cuma nggak diterima karena bukan Jabodetabek, tapi syukurnya jadi First Reader di penerbit lain :D

    asysyifaahs
    @asysyifaahs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh di Glasses and Tea kamu menang. ehehehe.

      Iya cuma buat Jabodetabek. Semoga ke depan bisa buat daerah lain juga ya.

      Hapus
    2. Ahaha, tempat lainnya masih kepunyaan Kak Nana. Terimakasih ^^

      Hapus
  3. Yoaa, belum beruntung :D Semoga bisa beruntung di tempat lain :') Selamat buat para pemenang /m\

    @QamaraPutri

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya Allah :) Terima kasih Kak :)

    BalasHapus
  5. Udah kirim email ya Kak, namanya mustika.rini44@yahoo.com Silahkan dicek :)

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...