Jumat, 27 Maret 2015

Opini Bareng: Plot Twist



Halo teman-temaaaan...

Ketemu lagi di posting Opini Bareng BBI. Setelah bulan lalu absen--padahal udah bikin draft-nya tapi lupa ngepos--kali ini saya hadir dengan membawa tema: PLOT TWIST. Saya mau berbagi buku-buku yang, menurut saya, punya plot yang seru dan tidak tertebak. Banyak kejutan yang dihadirkan penulis selama cerita dan terkadang, saya benar-benar nggak ada pikiran ke arah situ sama sekali. Dan ketika tiba di akhir cerita, saya hanya bisa mangap sambil berpikir,"ya ampuuunnn ternyata!!!!"

Berikut daftar buku yang menurut saya masuk kategori tersebut:

1. HARRY POTTER SERIES karya J.K. Rowling



Ya udahlah yaaa... Ini sih nggak perlu diomongin lagi. Ada yang belum baca Harry Potter? Duh, mending cepetan baca deh. Hehehe. Jangan cuma nonton filmnya, kalian harus baca novelnya juga!

Sebenarnya, saya bukan pencinta cerita fantasi macam Harry Potter ini. Dan sejujurnya, ketika membaca buku 1 dan 2, saya bosan banget. Baru di buku ke-3, saya mulai tertarik. Dan semakin bertambah bukunya, semakin banyak kejutan yang dihadirkan J.K. Rowling dan semakin banyak rahasia masa lalu yang terungkap. Saya salut banget dengan kemampuan J.K. Rowling membangun dunia Harry Potter ini.



2. THE JOSHUA FILES SERIES karya M.G. Harris


Petualangan Josh menguak misteri kematian ayahnya sampai akhirnya justru menjadi tokoh kunci dalam mencegah terjadinya kiamat yang dipercaya suku Maya sungguh menegangkan dan asyik banget diikuti. Setiap buku selalu menyajikan kejutan-kejutan yang berbeda dan tak bisa ditebak arahnya. Ada misteri tentang peradaban suku Maya dan ilmu pengetahuan mereka yang hilang, ada perjalanan waktu, rekayasa genetika, dan tentu adegan-adegan action. Sayang, saya agak-agak nggak suka dengan ending-nya yang melibatkan Danau Toba.


3. GLOOMY GIFT karya Rhein Fathia



Nah, kalau yang ini masih fresh dari oven nih, dan karangan penulis dalam negeri, Rhein Fathia. Buku action-romance ini benar-benar nggak bisa saya lepas sebelum saya sampai halaman terakhir. Menegangkan dan penuh action. Dan ending-nya.... hhhh....

Nggak banyak yang bisa saya ceritakan soal kisahnya. Kamu harus baca sendiri dan rasakan keseruannya.




Di Goodreads, cover versi Indonesia yang ngepink gonjreng nggak bisa terbuka sih di komputer saya. Padahal saya pengen banget menunjukkan cover buku yang saya baca. Saya membaca buku ini ketika edisi terjemahannya baru pertama kali terbit dan saya belum suka-suka amat baca novel. Tapi, novel ini segera membuat saya terhanyut dengan plotnya. Karakter Christopher yang autis tapi genius dan caranya menyusuri misteri pembunuhan anjing tetangganya sampai mendapati kenyataan yang di luar dugaan buat saya benar-benar asyik diikuti.


5. FORREST GUMP karya Winston Groom


Lagi-lagi novel yang menurut saya tidak mendapatkan keadilan dari filmnya. Menurut saya, novel Forrest Gump ini beda banget dari filmnya. Kalau filmnya serius, novel Forrest Gump ini sangat kocak dan benar-benar gila; di luar dugaan. Ada beberapa adegan yang sepertinya terlalu "ngayal" sih, tapi yaaa saya sih terima-terima aja. Hehehe.. Dan ending-nya... Nyesek tapi juga menghangatkan.

Oh iya, satu lagi kelebihan novel yang saya baca versi Gramedia Pustaka Utama ini: keahlian penerjemahnya menerjemahkan cerita tanpa menghilangkan karakter Forrest yang unik. Kapan ya GPU akan menerbitkan ulang novel ini??


Itulah 5 novel (dan serial) yang menurut saya memiliki plot yang seru dan tidak tertebak, dan tentu menimbulkan rasa puas setelah saya selesai membacanya. Kamu punya daftarmu sendiri? Silakan share ya di komentar pos ini.

Ditulis untuk Opini Bareng BBI bulan Maret tema PLOT.



3 komentar:

  1. cuma pernah baca 1 sama 4, dan emg asik ceritanya xD Penasaran pengen baca Gloomy Gift, tp msh masuk wishlist :D

    BalasHapus
  2. Sama mbak.. saya juga baru baca yang nomor 1 & 4 ^.^

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...