Kamis, 12 Maret 2015

Halaman Organik

Judul: Halaman Organik
Penyusun: Soeparwan Soeleman & Donor Rahayu (Green Couple, Pendiri FAM Organic)
Penerbit: AgroMedia
Tahun terbit: 2013
Bisa dibeli di AgroMedia dengan harga Rp. 69.000


Papa saya baru pensiun. Nah lho, kenapa tiba-tiba curhat, Na? Eh, baca dulu.... Gara-gara Papa pensiun dan punya banyak waktu di rumah, saya jadi sibuk nyari-nyari kegiatan yang bisa Papa kerjakan di rumah dan kalau bisa menghasilkan juga dong. Tadinya saya mau minta tolong Papa bantuin jualan Oriflame saya, tapi susah. Mana bisa bapak-bapak jualan kosmetik? Ke mana pula? Lalu jualan jus sehat... susah juga. Nggak setiap hari orang pesan jus. Lalu saya melihat-lihat facebook teman saya, yang lagi giat-giatnya urban farming. Wah, foto-foto tanaman yang dipajangnya bagus-bagus, segar! Lalu saya terpikir untuk mencoba mengikuti langkahnya. Lumayan kan, kalau berkebun, Papa jadi punya kesibukan setiap hari. Kalau sukses, selain bisa dikonsumsi sendiri yang pastinya lebih sehat dan hemat, sayuran yang dihasilkan bisa dijual. Pas nih! Saya lalu tanya-tanya ke teman, beli bibit, lalu bingung cara menanamnya....

Eeeh, tiba-tiba ditawari teman BBI buku ini. Wah, kurang pas apa coba? Langsung deh saya terima tawarannya dan buku langsung saya baca begitu saya terima di kantor.

Buku ini benar-benar buku yang tepat dibaca oleh penanam tanaman organik pemula macam saya dan Papa. Bukan hanya berisi tips-tips menanam mulai dari prapenyemaian sampai benar-benar ditanam di tanah secara permanen, tapi juga ada penjelasan tentang jenis-jenis tanah, variasi cara menanam di lahan yang sempit (sampai menggunakan bahan-bahan daur ulang juga bisa lho!), sampai strategi membasmi hama secara ramah lingkungan. Wuih! Lengkap lah pokoknya.

Bahasa yang digunakan cukup simpel dan mudah dimengerti dan setiap tips disertai alasan, sehingga kita sebagai pembaca jadi benar-benar mengerti kenapa suatu langkah harus dikerjakan. Selain itu, foto-fotonya benar-benar bikin saya ngiler. Duuuh kapan ya tanaman saya bisa seperti yang di foto???

Beberapa contoh isi buku:

Menanam menggunakan pipa PVC yang dipotong lalu dipanasi. Bisa hemat lahan banget!!!

Pas pertama menanam benih, harus di tempat yang disekat. Setelah tumbuh besar dan kuat, harus disapih lalu dipindah ke taman.

Contoh pot daur ulang. Bisa dari bekas botol plastik minuman soda, wadah es krim, dll. Kreatif ya!!
Sekarang, tanaman saya masih dalam tahap penyemaian nih. Semoga aja bisa tumbuh subur seperti gambar tanaman di buku ini. Nanti kapan-kapan saya tunjukkan fotonya ya. 

Ayo mulai berkebun, teman-teman! Murah, asyik, dan menyehatkan. Kalau bingung gimana caranya, beli dong bukunya :)

Terima kasih kepada AgroMedia atas kesempatan berkenalan dengan buku ini.


3 komentar:

  1. kayanya kalau saya beli bukunya bukan dibaca malah liatliat gambarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya foto2nya menarik. Tapi kalo sambil dipraktekin otomatis baca juga kok.

      Hapus
  2. Saya mah ucapkan terimakasih banyak aja deh buat informasi yang telah anda tulisnya pada blog ini hehe :) Obat Sakit Ginjal

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...