Jumat, 21 Desember 2012

Best Friends Forever

Judul:  Best Friends Forever: High School Paradise Golden Goal
Pengarang: Orizuka
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 167
Penerbit: Puspa Populer
Harga: Rp. 28.000
 

 


Ini adalah contoh salah membaca buku serial: membaca dari kumpulan cerita tambahannya dulu sebelum baca cerita utamanya. Ya, saya memang belum membaca High School Paradise dan Love United, dua buku utama serial High School Paradise. Lha, kalau begitu kenapa malah baca yang ini duluan? Karena ini adalah salah satu hadiah dari menang kontes review yang saya pernah ikuti. Dua buku pendahulu Best Friends Forever tidak termasuk dalam paket buku hadiah yang saya terima. Jadi, saya baca dari yang ada dulu lah. Tapi saya memang sudah rencana beli kedua buku serial High School Paradise kok. Kebetulan, kedua novel ini memang baru saja diterbitkan ulang. Buku-buku High School Paradise bisa kamu beli DISINI. Lalu, apa tidak bingung membaca buku ini? Nah.. Mari baca dulu posting ini sampai habis!
 
Berdasarkan sinopsis dan review yang saya baca, serial High School Paradise secara garis besar menceritakan tentang empat orang sahabat: Rama, Lando, Cokie, dan Sid dari SMA Athens. Keempat cowok dengan karakter yang berbeda-beda tapi sama-sama berotak encer dan good looking ini berjuang untuk mendirikan klub sepakbola di sekolah mereka. Dalam perjuangan mereka yang ternyata cukup berat itu, banyak juga cerita-cerita seru khas anak-anak sekolah yang terjadi.

Nah, di Best Friends Forever, ada 7 cerita pendek yang mengambil setting sebelum, di, dan setelah masa High School Paradise, yang belum diceritakan di dua buku pendahulunya. Ada kisah tentang awal mula persahabatan Lando yang mantan preman dengan tiga orang kawannya, Rama, Sid, dan Cokie. Ada kisah awal mula perkenalan Rama dengan pacarnya saat ini, Lara. Ada kisah mengenai Julia, pacar Sid, yang bingung karena adiknya yang masih SD patah hati begitu tahu Julia pacaran dengan Sid. Ada juga kisah cinta Cokie dan Via setelah keduanya lulus SMA. Selain itu, juga ada kisah mengenai Zai sebelum naksir sama Julia, pacar Sid. 

Seru, kocak, gokil, mengharukan.. Lengkap deh. Semua ada di buku ini. Walau kisah-kisahnya sebenarnya hanya tambahan dari dua buku sebelumnya, saya secara pribadi tidak merasa kesulitan untuk menikmati cerita-cerita dalam buku ini karena karakter tiap tokohnya dijelaskan dengan cukup rinci. Yang ada, saya malah jadi makin penasaran membaca High School Paradise dan Love United untuk mengetahui cerita si empat sekawan ini secara lengkap. 
 
Selain berisi keceriaan dan kenakalan khas remaja, cerita-cerita dalam buku ini juga mengandung banyak pelajaran. Cerita berjudul "You're Not Alone", misalnya, mengajarkan pembacanya untuk mencintai dan menerima keluarga kita dan kondisi apapun. Cerita berjudul "Good Bye" mengajarkan pembaca untuk menjadi dewasa melalui peristiwa perpisahan. Cerita-cerita lainnya, walau mungkin tidak sesendu kedua kisah ini, juga bukan sekedar menghibur tapi selalu memiliki pelajaran yang bisa dipetik pembacanya.

Orizuka menurut saya berhasil membuat kisah remaja dengan segala kebadungan dan keceriaannya tanpa harus terjerumus menjadi terlalu "bebas" dan "nakal". Cerita-cerita dalam buku ini tetap nikmat untuk dibaca walau tanpa adegan ciuman bibir atau bermesraan seperti yang sering kali terdapat dalam novel-novel remaja, terutama novel-novel remaja import. Selain itu, pesan-pesan moralnya juga berhasil disisipkan tanpa terkesan menggurui dan menyatu dengan baik dengan jalan ceritanya.

Very Recommended untuk pembaca usia SMP-SMA. Buku ini seru untuk dibaca. Akan lebih seru lagi kalau ditambah dua buku sebelumnya *lah jadi promosi*.

Special thanks to Mbak Rhein Fathia atas kiriman buku gratisnya.
 

13 komentar:

  1. Wahh..sama dong ya Mbak, blm baca 2seri sblmnya..hehehe..*tosss*
    Yoii, recommended bgt nih bt temen"..kocak, badung, senang, sedih, dapet semuanya..khas anak sekolahan banget, apalagi karakter Sid..favorit! mbak Ori mmg oke punya klo soal bikin novel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sid mah bego banget. ahahaha..

      Hapus
  2. ak juga suka seri ini, dulu baca pas masih dalam bentuk ebook, mirip-mirip Meteor Garden :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah baca yang lainnya Sulis? Weleh emang ada e-book-nya??

      Hapus
  3. udah, ada kok, dulu dapetnya lewat email dr Orizuka, daftar di fanpagenya, udah lama bgt dan dulu sempet kepikiran pasti dibukuin cuman tipis bgt, g tau kalo versi buku ini dikembangin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah punya ebook high school paradise! Boleh kirim ke email saya?

      Hapus
  4. Orizuka tuh emang penulis yang detail banget.. dan dramanya pasti kuat juga

    BalasHapus
  5. punya ebook nya high school paradise semuanya? boleh kirim email nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah punya ebooknya high school love on semuanya? kalo udah, boleh kirim email?

      Hapus
  6. Saya malah punya yang awal sama yg akhir.. hehe yang ini malah ga punya. Tapi nyambung kok.. hehe tapi penasaran juga sih sama yang ini. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya ebooknya kah? boleh kirim email?

      Hapus
    2. Maaf saya cuma punya hard nya.. kalo tau info tentang buku high school paradise yg best friend forever kasih tau yaakk kirim ke email :ulfadwirokhmaniah@gmail.com

      Hapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...