Rabu, 09 Desember 2015

BBI @ IRF 2015 : The Best Booth!


Huwaaaa teman-teman, sudah lama ya saya nggak update blog ini... Maaf, maaf. Soalnya, selain sibuk di kantor dan pelayanan keroncong di gereja, saya juga disibukkan persiapan stand BBI di Festival Pembaca Indonesia atau Indonesian Reader Festival. Saya tahun ini kembali dipercaya untuk menjadi koordinator stand BBI, seperti dua tahun sebelumnya.

Kali ini, saya akan bercerita tentang stand BBI di IRF. Saya nggak mau cerita banyak soal event IRF-nya karena pasti banyak yang akan menceritakan. Selain itu, saya memang kebanyakan duduk di stand BBI aja sih :D Cuma untuk Talkshow Metropop yang saya ikuti, nanti akan saya ceritakan di blog saya yang satu lagi, Glasses and Tea.

Untuk tahun ini, booth BBI mengusung tema "Around the Genres", mirip dengan tema acara HUT BBI tahun ini, karena BBI ingin memperkenalkan anggota-anggota BBI yang memiliki beragam genre favorit kepada pengunjung booth. Untuk mendukung tema, mading BBI berisi info seputar acara Around the Genres in 30 Days yang menjadi acara perayaan HUT BBI di tahun 2015 dan juga rekomendasi buku-buku bacaan dari berbagai genre yang dipilih oleh member-member BBI dan dikompilasi oleh Tier (Bookish Story).

Sekilas mading BBI. masih ada 3 karton lagi.

Selain artikel bertema Around the Genres, ada juga artikel mengenai kegiatan BBI di tahun 2015, antara lain Talkshow From Bloggers to Authors dan BBI Auction for Charity. Juga, gak kalah ketinggalan, yang lagi hot banget di tahun 2015: Blog Tour!! Semua merupakan ringkasan dari posting di blog member BBI juga, yaitu Raafi (klik) dan Sulis (klik). Nggak ketinggalan, tentu adalah wawancara dengan dua member BBI yang tahun ini sering banget nge-host blog tour, yaitu Luckty (Luckty si Pustakawin) dan Rizky (Ky's Book Journal).

Nggak cukup dengan berputar-putar genre, maka di mading juga disuguhkan cerita soal belanja buku Around the World a la Mbak Astrid dan Mbak Dewi. Mbak Astrid menceritakan pengalamannya belanja di Washington, DC dan Singapura sementara Mbak Dewi menceritakan pengalaman belanjanya di Singapura dan India. Serius, seru banget dan bikin ngiler!!!!

Ini link ke posting belanja buku di ketiga negara tersebut dari blog Mbak Astrid dan Mbak Dewi:


Kegiatan di booth BBI ngapain aja? Ada 3 game di booth, yaitu memancing ikan dan menjawab pertanyaan yang jawabannya ada di mading, lomba puzzle, dan lomba foto di depan spanduk BBI menggunakan properti-properti lucu yang udah disiapkan. Seru banget!!! Apalagi yang mancing ikan, karena ternyata sangat diminati anak-anak balita! Duh, maaf ya, Pojok Anak, pesertanya jadi pindah booth nih :)


yang jadi favorit pengunjung: si Nemo!

Selalu ada hadiah seru yang disiapkan panitia BBI untuk pemenang games. Untuk games memancing ikan dan puzzle, ada buku gratis persembahan Diva Press dan Penerbit Serambi yang siap dipilih, paket silica gel untuk rak buku atau rak sepatu, dan pembatas buku unyu. Untuk pemenang lomba foto, tentu hadiahnya lebih spesial: Buku bantal dan voucher!!! Nggak rugi deh main ke booth BBI. Udah mainannya gampang, dapat info asyik, hadiahnya oke punya pula!

Foto-foto di booth dong ah!!!

Foto-foto lagi.

Nah udah cukup ya seputar stand BBI. Sekarang saya mau cerita tentang keramaian member BBI di booth BBI. Duuuh saya paling suka deh saat-saat IRF ini. Bisa ketemu teman-teman member, seru-seruan, dan bahu-membahu memenangkan kuis dan games buku. Hahaha. Bisa dibilang member BBI merajai semua arena pertarungan, mulai dari bookswap, bookwar, sampai games-games. Agak malu-maluin sih, tapi kalo pengunjung lain pasif, kenapa kita harus ikutan pasif juga? Ya gak, ya gak? Tapi selain memenangkan banyak buku, kita juga menyumbang banyak buku kok, terutama waktu Sulis ikutan lelang Mystery Box, di mana BBI menyumbangkan 105 buku (padahal cuma butuh 19 buku untuk menang lelang, Hebat kan?). Buku-buku yang didapatkan dari IRF memang sudah panitia rencanakan untuk disalurkan ke beberapa tempat. Semoga buku-buku dari kami berguna ya.

Di penghujung acara IRF, ketika pengumuman Anugerah Pembaca Indonesia, ternyata  BBI keluar sebagai pemenang Best Booth. Wuiiih senangnya!!! Sebenarnya sedikit banyak kami sudah bisa menduga sih, karena booth BBI memang paling ramai. Member yang datang aja banyak, dan pengunjung yang ingin ikutan games juga nggak kalah banyak. Belum lagi anak-anak balita yang demen banget mantengin ikan. Hehehe. Tapi, tentu saja menjadi pemenang Best Booth nggak seberapa membuat senang dibanding kesempatan untuk berbagi informasi dan juga keceriaan dengan teman-teman pengunjung IRF 2015 kemarin.



Semoga setelah bertemu BBI-ers, semakin banyak yang gemar membaca dan membuat blog buku seperti kami. Penting lho mendokumentasikan bacaan kamu, supaya orang lain bisa baca dan tertular semangat membaca juga!

Sampai bertemu tahun depan di booth BBI dengan keceriaan dan games-games yang makin seru pastinya!!

Terima kasih untuk pendukung: penerbit Diva Press dan Serambi, panitia IRF yang sudah bekerja keras membuat event besar ini sukses, dan teman-teman semua yang sudah membantu dan hadir di IRF.


-------------------------------------------

Mau baca langsung file bahan mading BBI @ IRF? Silakan buka link berikut:
- Around the Genres
- Talkshow From Bloggers to Writers
- BBI Auction for Charity
- Rekomendasi Bacaan Around the Genres
- Blog Tour
- Wawancara Blog Tour Organizer
- Book Shopping Around the World

20 komentar:

  1. Ahhh sudah dua kali sejak bergabung jadi member BBI saya melewatkan acara ini ... Semoga bisa kesampaian ditahun-tahun berikutnya. Selamat untuk BBI yang terpilih sebagai booth terfavorit :) :)

    Sekalian submit jawaban dari Giveaway Nana @ IRF 2015 untuk nomor 3 adalah sebanyak 105 buku yang disumbangkan BBI. Dan itu 5 kali lipat dari minimumnya... WOW... semoga buku-buku tersebut berguna bagi yang membacanya kelak :)

    BalasHapus
  2. Aku bukan anggota BBI, tapi entah kenapa suka gitu kalau liat BBI ada acara ginian :3 ya meskipun aku belum pernah ikut hiks. Ohya kak, jawaban dari Giveaway Nana @ IRF 2015 untuk nomor 3: total ada 105 buku yang BBI sumbangin buat menangin lelang Mysteri Box. Padahal sebenernya cuma butuh 19 buku buat menangin lelang. Wiihh :D

    BalasHapus
  3. Anggota BBI tp blm bs ikut ginian....

    jwbannya 105. Wee banyak juga ya

    BalasHapus
  4. jawaban Nana @ IRF 2015 ( Giveaway) nomor 3 : total ada 105 buku yang disumbangkan BBI.

    BalasHapus
  5. bebi keren banget as always, and i cant visit IRF this year (as always) :(

    Jawaban: 105 buku

    BalasHapus
  6. Ternyata adaa tiga games toh kemaren. Cuma berkesempatan ikutan satu games doank, huhuhu.. tapi gapapa lumayan dapat satu buku gratisan yang udah lama jadi inceran dan ketemu Nanaa jugaaa hahaha :P

    Oia, jawaban untuk nomor 3 di "Nana@IRF2015(Giveaway" adalah :
    105 buku yang disumbangkan oleh BBI untuk membantu Sulis memenangkan lelang Mystery Box.

    BalasHapus
  7. Sepertinya hal baru yang sangat mengasyikan. Semoga suatu saat bisa ikutan nimbrung di sini.

    Nah, kembali lagi ke pertanyaan sebelumnya (Hihi XD): Berapa buku yang BBI sumbangkan untuk membantu Sulis memenangkan lelang Mystery Box?

    Jawaban: 105 Buku.

    Terima kasih!

    BalasHapus
  8. Pengen gabung BBI, tapi belum kesampaian duh. Btw Bebi keren banget! Suka deh sama komunitas buku kaya gini๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž๐Ÿ’ž semoga aku dapat bergabung secepatnya :p

    Sekalian mau jawab giveaway nya mbak Nana @ IRF 2015, jawabannya: 105 buku yang disumbangkan BBI untuk membantu kak sulis memenangkan lelang mystery box. Padahal cuma butuh 19 buku buat menang lelang, yeay keren!

    Thankyou for the giveaway nya ya mbak :D

    BalasHapus
  9. Selamat Na jadi booth favorit, nggak sia-sia ngedesain boothnya :D, seru, semoga tahun depan lebih meriah lagi ya :)

    BalasHapus
  10. Selamat buat BBI yang memenangkan booth terfavorit di ajang IRF 2015! Semoga tahun depan bisa menang lagi dan lebih heboh lagi kegiatan di booth-nya. Oh iya, semoga tahun depan saya juga bisa dateng ke IRF dan main di booth-nya BBI. AAmiin.

    105 buku.

    BalasHapus
  11. Jawabannya: 105 buku

    Seneng banget waktu BBI dapet booth favorit! Yah meskipun ngga bisa bantuin sama sekali tahun ini #deritalagimagang tapi seru lah pokoknya BBI selalu seru dan pasti bantuin taun depan! Btw, mainan yang mancing itu maut banget sih aku udah ngalahin kak Opat 3 kali disitu XD

    BalasHapus
  12. Seandainya bisa dijangkau, pasti bakal datang ke acara seperti ini. Semoga tahun depan bisa diadakan di kota yang dekat dengan tempat tinggalku hehe..

    Kak, ikutan summit jawaban yaa.
    BBI menyumbang 105 buku untuk Mystery Box.

    BalasHapus
  13. Wahhh seru sekali ya acara IRF. Pengin sekali ikut serta dalam acara tahunan ini sebenarnya, tapi karena rumah jauhh.. yahh cuma jadi angan2 aja, hehe.
    .
    Oiya, mau jawab pertanyaan no.3 Nana @ IRF Giveaway. Ada 105 buku yang disumbangkan BBI untuk Lelang mystery box. :)
    .
    Thanks. WML

    BalasHapus
  14. BBI Keren menang Booth tervaforit *pesta bakpao dan fanta biru*~~ Duh sayangnya IRF jauh, aku cuma bisa mantau di twitter huhu. Dan kak Sulis duh, udah baca kisahnya kak Sulis di blognya dan di grup WA BBI. Keren keren, BBI solid mendukung kak Sulis.

    Ah iya, mau jawab pertanyaan GA nomer 3. Di IRF, teman teman BBI nyumbang 105 buku untuk Lelang mystery box buat kak Sulis :))

    BalasHapus
  15. Selamat BBI jadi booth terfavorit :)
    Jawabannya 105 buku
    Btw Mystery Box-nya isinya apa ya? jadi penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 4 box. Pertama buku Umar Kayam sama Pramoedya, kedua classic qanita, 3 boxset roald dahl, 4 finalis API kayaknya.

      Hapus
  16. serunyaaaa. jadi ngiri deh karena rumah jauh jadi cuma bisa gigit jari :')

    btw mau ikutan GA-nya. jawabannya: 105 buku :)

    BalasHapus
  17. Bacanya jadi pengen ke IRF :(
    Jawabannya 105 buku ya :)

    BalasHapus
  18. Nice job banget Bebi! Semoga saya bisa ikut ke IRF tahun depan, aamiin :)

    Jawabannya 105 buku.

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...