Kamis, 05 November 2015

Baca Bareng BBI Oktober : The Graveyard Book

Judul: Cerita dari Pemakaman (The Graveyard Book)
Pengarang: Neil Gaiman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Halaman: 359
Harga:-



Nobody Owens atau Bod adalah seorang anak yatim piatu yang tak sengaja tinggal di pemakaman setelah seluruh anggota keluarganya dibunuh oleh penjahat misterius bernama Jack. Hantu pasangan suami-istri Owens dan penghuni pemakaman lainnya kemudian sepakat untuk mengizinkan Bod tinggal di pemakaman. Bod bahkan diadopsi oleh pasangan Owens.

Hidup Bod tentu tidak normal. Ia terbiasa bergaul dengan arwah, bahkan menguasai beberapa kemampuan arwah. Ia tidak pernah keluar pemakaman. Hanya Silas, penjaga makam yang hidup di dua dunia yang mengajarnya. Namun demikian, hidup Bod tidak pernah membosankan. Ia memiliki banyak tempat untuk dieksplor di pemakaman tua itu. Ada petualangan memasuki dunia Ghoul yang membuat Bod nyaris celaka, ada pertemanannya dengan arwah penyihir yang menginginkan batu nisan di kuburannya, ada pertemanannya dengan sesama manusia Scarlett, sampai akhirnya pertemuan yang tak terelakkan dengan pembunuh keluarganya.

Bagaimana kisah petualangan Bod selanjutnya bersama keluarga tak kasat matanya?

Sebenarnya, tema Baca Bareng BBI Oktober ini adalah Horor. Dan sebenarnya buku The Graveyard Book ini bukanlah bacaan horor. Tapi, berhubung ada unsur hantu dan cukup menegangkan, bolehlah yaaa dianggap horor. Hehe.

Kisah The Graveyard Book cukup menarik dan imajinatif. Jangan terlalu pakai logika waktu membaca buku ini, nikmatin ajalah. Hantu-hantu memiliki karakter beragam layaknya manusia hidup. Mereka suka berantem dan berdebat, tapi hidup rukun. Seru banget hidup Bod ini. Alih-alih belajar sejarah di sekolah, dia malah bisa dengar cerita tentang kejadian bersejarah dari saksi hidupnya langsung. Namun demikian, ada juga beberapa makhluk dunia lain yang membahayakan dan tentunya, ada juga si pembunuh yang masih mengincar nyawa Bod.

Naaah... soal si pembunuh misterius alias Jack ini nih yang bikin saya lumayan bingung baca buku ini. Organisasi Jack itu sebenarnya ngapain sih? Dan apa kaitannya dengan membunuh Bod, yang nggak tahu apa-apa? Ini yang sampai akhir buku nggak terjawab. Apakah buku ini akan ada lanjutannya? Hmm...

Tapi secara umum, saya suka buku ini sih. Selain Stardust (yang belum pernah saya baca bukunya tapi saya suka banget bukunya) buku ini menghadirkan fantasi yang cukup menyenangkan akan dunia hantu--bahwa "hidup" mereka juga seberwarna hidup kita. Jadi ngebayang kalau suatu hari difilmkan, gaya-gaya Tim Burton gitu bakalan cocok banget nih buat buku ini. Saya suka banget sama tokoh Silas dan Miss Lupescu, peermpuan kaku yang menggantikan Silas menjaga Bod tapi ternyata dia... (apa hayo??). Berharap Silas akan dimainkan oleh Johnny Depp (gimana? gimana?) hehehe.


Review ini ditulis dalam rangka Baca Bareng BBI Oktober 2015 tema Horor. Telat banget emang ngeposnya. Heheheh.. Lagi susah cari waktu buat ngeblog nih soalnya. Padahal sudah ada antrean buku yang harus ditulis review-nya.



1 komentar:

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...