Jumat, 13 September 2013

Belanja E-Book di Gramediana

Halo teman-teman pembaca RITM,

Buat yang sering berkunjung ke blog ini, tentu nggak asing lagi dong dengan nama Gramediana. Toko buku elektronik alias e-book yang satu ini sudah beberapa kali saya sebut. Bahkan, saya juga membagikan kode voucher diskon belanja di Gramediana yang bisa kamu lihat dengan klik link di topbar atau sidebar blog ini (atau bisa klik DI SINI).

Jadi saya sudah nggak perlu lagi dong ya menjelaskan apa itu Gramediana?

Nah, di post kali ini, saya mau share pengalaman baca e-book Gramediana. Namun,sebelumnya saya mau cerita dulu soal kenapa saya bisa tertarik untuk belanja di Gramediana.

Saya sebenarnya sudah lama ingin mencoba untuk baca e-book. Lho, jadi udah nggak suka baca printed books? Nggak juga sih. Yang itu masih kok.... Sebenarnya alasan saya ingin mencoba beralih ke e-book cukup simpel:
  • Rak buku di rumah sudah luber, sedangkan tempat lainnya juga sudah penuh oleh barang-barang lainnya. Oleh karena itu, saya musti rajin-rajin menyumbangkan buku-buku saya, menjualnya kembali, atau membagi-bagikannya ke teman-teman yang tertarik.
  • Setelah dibaca, buku-buku tersebut cuma nganggur di rumah dan halamannya perlahan-lahan menjadi kuning dan berdebu. Saya sedih melihatnya. Namun, untuk bisa rajin-rajin membersihkan buku-buku tersebut, susah juga. Biasanya karena kesibukan kerja, waktu luang lebih banyak saya gunakan untuk santai.
  • Banyak buku edisi lama yang membuat saya tertarik untuk baca yang sudah tidak bisa saya temui di toko-toko buku. Biasanya karena stok sudah habis. Memang sih, kalau saya niat saya bisa cari di toko buku bekas atau obralan. Tapi lagi-lagi terbentur masalah waktu dan kesibukan.
Nah, karena alasan-alasan inilah saya mulai melirik e-book. Membaca e-book berarti membaca buku tersebut di dalam perangkat elektronik yang kita punya, bisa itu handphone, tablet, laptop, apa saja yang compatible dengan jenis file e-book. Berarti, say da-dah ke tumpukan buku penuh debu. Selain itu, e-book pun tidak terkena masalah out of print. Mau buku terbitan kapanpun bisa saya dapatkan e-book-nya. Saya pun mulai rajin men-download e-book novel-novel yang saya tertarik untuk baca  Gratisan pastinya. Dan itu sudah pasti... ilegal.

Saya mulai peduli urusan download ilegal ini tatkala salah satu pengarang favorit saya, Miranda Kenneally, mulai posting tweet mengenai kesedihannya ketika mendapati orang-orang men-download bukunya secara ilegal (bahkan sampai ada yang info ke Miranda sendiri kalau dia baca bukunya Miranda dengan cara download e-book ilegal!). Karena berarti ia tidak mendapatkan royalti. Padahal, penulis kan juga butuh uang dari royalti untuk menyambung hidup, yang berarti juga menyambung kreativitas menulisnya. Sejak itu saya mulai stop download e-book ilegal. Sayangnya, untuk download e-book secara legal tidak semudah bayangan. Sangat sulit mencari buku-buku yang saya ingin beli dan baca yang memiliki link download yang legal, terutama untuk novel-novel Indonesia. Nah, ini dia alasannya mengapa saya begitu bersemangat begitu tahu mengenai Gramediana. Karena akhirnya saya menemukan tempat mendapatkan e-book legal dengan koleksi yang sangat beragam.

Gramediana, sebagai toko e-book yang juga menjaga Hak Cipta dari pengarang, sebenarnya mirip-mirip toko buku Amazon dengan Kindle-nya, Barnes & Noble dengan Nook-nya, dan Kobo. Karena menjual e-book dengan tetap menjamin terpenuhinya Hak Cipta si pengarang, maka e-book yang kamu beli di Gramediana cuma bisa kamu download dan baca melalui reader khusus, yang bisa di-download secara gratis di website Gramediana (DI SINI). File-file e-book yang kamu beli tidak bisa main kamu transfer ke orang lain seperti kita mentransfer file PDF biasa karena hanya kamu yang bisa menikmati buku tersebut. Reader-nya tidak berat kok, dan tampilannya cukup oke. Berikut saya kasih contohnya kalau dibaca melalui laptop:

Saya lagi baca novel ini niih.. Seru! Di bagian Outlines, ada petunjuk sekaligus link ke tiap bab-nya.
Nah, kalau ini isi bukunya. Enak dilihat, kayak baca buku beneran!!

Sayangnya, menurut saya, reader-nya masih kurang satu feature nih. BOOKMARK!! Tidak ada bookmark di sini, sehingga cukup ribet untuk mengingat-ingat halaman. Supaya gampang, saya harus berhenti baca di akhir bab, supaya saya mudah mengingat judul bab berikutnya yang akan saya baca ketika lanjut baca. Sebaiknya, di versi reader berikutnya, tambahin bookmark ya. Hehe.

Untuk jenis buku sendiri sebenarnya Gramediana ini sudah cukup lengkap. Novel dalam negeri ada dengan beragam genre: romance, teenlit, sebut aja deh.. Novel terjemahan juga ada. Buku panduan arsitektur, merawat anak, sampai investasi juga ada. Sayang, taglist-nya sepertinya masih perlu dibenahi. Contoh nih: Untuk kategori Juvenile Fiction - Fairy Tales & Folklore kok bisa ada bukunya Paulo Coelho (LINK)? Lalu untuk kategori Fiction - Action & Adventure kok ada buku Lejitkan Memori 1000% (LINK)? Hal ini bisa membingungkan pembeli lho...

Lalu mengenai harga.. Naaah yang ini nih saya senang. Harga jelas lebih murah dari buku versi tercetaknya. Untuk novel-novel kebanyakan harganya sekitar Rp. 29.000-Rp. 39.000. Sedap deh. Hati-hati kalap kalau begini! Belum lagi kalau lagi ada diskonan. Waduuuh!!!

Untuk cara pembayaran, sebenarnya ditulis bisa dengan Debit Card, Credit Card, Paypal, dan... saya lupa satu lagi. Namun setelah saya coba bayar pakai Debit Card kok tidak bisa ya? Alhasil saya bayar pakai Credit Card. Ada seorang teman yang sebenarnya tertarik belanja di Gramediana tapi batal karena tak punya Credit Card. Waduh, coba Gramediana carikan solusinya... Hehe.

Sejauh ini, saya baru beli dan baca 2 buku di Gramediana: Autumn Once More - kumpulan cerpen, dan Rona Hidup Rona - Mia Arsjad. Dan sejauh ini, saya cukup menikmati membaca e-book ala Gramediana ini dan masih akan menambah deretan belanjaan saya di Gramediana. Masih ada hal yang perlu dikembangkan dari website dan reader Gramediana, namun saya yakin Gramediana punya masa depan yang cerah dan akan semakin berkembang.

Teman-teman yang masih ragu buat belanja e-book, ayo dong dicoba. Menyenangkan juga memiliki alternatif lain membaca buku.



18 komentar:

  1. pengen nyoba tapi g punya credit card T.T
    Rona Hidup Rona adalah buku Mia Arsjad paling favorittttttttt!!! thank ya infonya, Na. jadi melek sama Gramediana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Lis. Padahal di option pembayarannya, debit card ada lho. Tapi pas milih option itu kok ditanya nomor yang ga ada di debit card.. Trus nama di kartu. Padahal.. Kartuku ga ada namanya..

      Hapus
  2. Na, itu reader-nya hanya bisa di laptop? kalo di hape android bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di HP android bisa. Di iPhone juga bisa, tapi ga bisa langsung download, ada step2 khususnya. Aku pernah baca di twitternya @gramediana. Cuma di BB yang ga bisa, padahal aku punyanya cuma BB *nangiskejer*

      Hapus
  3. pengen nyoba baca e-book juga sebenernyaa..
    tapi bingung mau dibaca dimana xD klo di smartphone kekecilann :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musti beli minimal G-tab kayaknya. Soalnya aku liat temenku baca e-book di situ lumayan nyaman.
      Aku sendiri suka baca di PC kantor. Download readernya di situ trus kalo istirahat makan siang suka baca deh.. (Dan kalo lagi bosen kerja juga.. lalalala)

      Hapus
  4. Waah... ini dia informasi yang kucari. Makasih ya udah share. Bingung nih kalau nyari e-book banyaknya link luar negerei :(

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.. Iya, banyakan e-book buku luar ya. Makanya aku juga hepi ada Gramediana ini. Semoga kedepannya, buku yang dijual di Gramediana makin lengkap dan cara pembayarannya juga makin gampang. Hehe.

      Hapus
  5. Aku pernah pasang Qbaca, aplikasi di android untuk baca buku dan beli buku disitu juga. Masalahnya adalah semua donlot ebooknya masuk ke internal memory en ga bisa dipindah ke external memory. Padal sebenarnya mau aja sih belanja ebook yg legal tapi ya itu tadi. Mungkin nanti nyoba ke gramediana deh. Thx ya, Na

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm maksudnya internal dan external memory tuh gimana ya? Aku kurang ngerti. Setauku sih kalo Gramediana ini e-booknya bentuknya pdf dan ada filenya di komputer kita (kalo buka Program Files sih ada file pdfnya), tapi protected file dan cuma bisa dibuka pakai readernya Gramediana. Kalo masalah dibuka di perangkat yang beda, tinggal download readernya lagi aja. Kayak aku misalnya. Di laptopku ada readernya, di PC kantor juga ada readernya. Bisa baca di dua tempat jadinya.

      Hapus
  6. Makasih buat infonya, Kak Nana! Di Gramediana ini adanya buku-buku terbitan lama atau update juga dg buku-buku yang baru dirilis, ya? (Misalnya, rilisan bulan lalu atau 2 bulan sebelumnya)

    Mudah-mudahan penerbit lokal lain juga tertarik buat fitur yg sejenis Gramediana ini. Lumayan deh jadinya ke depan nggak ribet-ribet lagi kalo mau beli buku dari penerbit apapun, dan paperless juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru juga ada kok. Buku2nya Colleen Hoover yang Point of Retreat udah ada. Tapi karena belum semua penerbit dan pengarang mau kerjasama, jadi ada juga yang new release tapi ga ada ebooknya di Gramediana. Buku-nya Gagasmedia aku belum pernah lihat. Moga2 kedepannya makin banyak yang mau kerjasama ya..

      Hapus
  7. eeh? hanya bisa bayar dgn kartu kredit yah? *kecewa

    saya nungguin bukunya N.H. Dini yang "Pada Sebuah Kapal", tapi gak keluar2 nih :|

    BalasHapus
  8. info sharing nih he2, mau baca nopel bajak laut anak-anak ala jack sparrow karya author indo? kunjungi http://oscarwaddle.blogspot.com/ nopel diset dgn tata kalimat ala harry potter, dijamin fresh... bisa juga kunjungi https://www.facebook.com/pages/Cancelot-Rucastle utk pembuktian. nopel inggris abad 18 karya orang indonesia, sudah tersedia diseluruh toko buku indo, trmksh.

    BalasHapus
  9. Ini baru nemu barusan dan Miss Pesimis - aliaZalea yang udah bikin saya penasaran sejak lama lagi diskon sampe harganya Rp9500 aja dong. #kalap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru beli itu kemariiin.. ihihi...

      Hapus
  10. mba, kalo misal laptopnya keinstal ulang, gimana itu ya? apa tetep bisa download dan baca lagi buku yang pernah dibeli?

    BalasHapus
  11. Terima kasih untuk informasinya.

    Buku-buku rohani dalam bentuk e-book juga tersedia di Visi Christian Store. Silakan kunjungi http://visichristianstore.com/?product_cat=e-book untuk menambah koleksi buku rohani Anda.

    Tuhan memberkati :)

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...