Selasa, 30 Oktober 2012

Book Blogger... I AM!!

Hihi.. postingan telat dalam rangka Hari Blogger Nasional yang jatuh tanggal 27 Oktober 2012 kemarin, sekalian pos barengnya Blogger Buku Indonesia (BBI).



Sebenarnya, di post ini saya seharusnya menulis soal asal mula saya bisa gabung ke BBI, namun karena bergabungnya saya ke BBI simpel banget, jadi sebaiknya saya cerita mengenai asal mula saya jadi blogger buku aja ya.

Sebenarnya dunia per-blog-an bukanlah hal yang baru sekali buat saya. Sejak tahun 2007 saya sudah mulai ngeblog. Waktu itu isinya kebanyakan tentang fandom kpop dan cerita sehari-hari. Saya punya beberapa blog di blogspot dan livejournal. Namun baru pada tahun 2010 saya mulai tertarik membuat review buku. Waktu itu ada lomba menulis resensi buku Hush, Hush karangan Becca Fitzpatrick. Karena merasa bisa menulis resensi, maka sayapun ikutan. Saya bela-belain beli novelnya dan membuat blog baru di livejournal khusus untuk ngepos resensi ini. Sayang, saya nggak menang. Ini postingan review buku pertama saya.Yep, polos banget, nggak ada gambar covernya, nggak ada permainan warna tulisan, dan sebagainya.


Setelah resensi Hush, Hush, saya berpikir, wah mau diapakan nih blog saya ini? Masa saya biarkan kosong? Berhubung saya emang suka baca novel dari dulu, saya pikir kenapa nggak sekalian aja saya post resensi-resensi saya yang lain? Maka sayapun mulai menulis resensi buku yang saya baca. Sampai suatu hari teman saya, Cha, tahu kalau saya punya blog buku dan dia ternyata juga punya. Blognya Cha ini keren banget karena ditulis dalam bahasa Inggris dan teman-teman blognya pun orang luar negeri semua. Ini blognya Cha, Elle Goes Nerd. Lewat blog Cha ini saya mulai melihat banyak blogger-blogger buku lain dan juga... lihat buttons-nya Goodreads!!

Setelah tahu Goodreads, saya makin kecanduan browsing buku-buku yang menarik dan beli buku (pastinyaaa!!). Suatu hari, saya ketemu satu group bernama Goodreads Indonesia. Sayapun join ke Goodreads Indonesia. Di sana saya menemukan post Mas Tanzil yang berisi list blog buku Indonesia. Saya pun ikut mendaftarkan blog saya. Sayang, mungkin karena saya menggunakan livejournal, beberapa orang sulit memfollow dan komen di blog saya. Selain itu, semakin saya mengenal banyak blogger buku di luar sana, saya semakin terpacu untuk lebih serius mengelola blog buku saya. Maka, saya pun hijrah ke blogspot dan membuat blog yang cantik ini.

Dengan terdaftarnya blog saya di list Blog Buku Indonesia, entry-entry blog ini pun resmi masuk ke agregator BBI dan saya resmi jadi anggota BBI (eh bener gitu kan ya??)

Semua terjadi begitu saja. Nggak ada yang spesial dengan awal mula bergabungnya saya ke BBI. Tapi saya merasa bersyukur bisa mengenal komunitas ini. Walau nggak terlalu aktif dalam posting bareng atau kegiatan lainnya, saya tetap senang mengenal teman-teman yang juga punya minat dan hobi yang sama, yaitu baca buku. Selain itu, saya juga bisa mendapatkan resensi-resensi buku yang menarik. Bacaan teman-teman nggak selalu sesuai dengan selera saya, tapi justru membuat saya berani untuk mencoba membaca buku-buku yang saya tahu di luar selera saya, karena resensi yang sangat menarik dari teman-teman. Saya juga bisa mengenal teman-teman yang bekerja di bidang penerbitan buku bahkan pengarang buku yang saya suka.


Melalui blog ini, saya harap saya juga bisa menginspirasi teman-teman yang membaca, seperti saya juga sudah terinspirasi oleh teman-teman sesama blogger lainnya. Semoga postingan resensi saya bisa memberi informasi yang cukup baik seputar buku kepada teman-teman. Buat teman-teman yang hobi membaca tapi belum bikin blog, ayo bikin!! Huwehehehe..

Sebagai penutup, Selamat Hari Blogger Nasional!! Semoga makin banyak blogger-blogger kreatif dari Indonesia. Bukan cuma blogger buku, tapi juga blogger-blogger lainnya juga.
 

Nana
All banners are by querita@livejournal.com

33 komentar:

  1. kalau blognya mb nana ini terkenal dengan tell me your wish *semoga bulan ini akuh yg menang, hihi) dan contemporary romancenya, berharap banget buku-bukunya diterjemahin, dan setelah mengulik dan menulis komen gara2 giveawaynya, saya jadi tahu kalau mb Nana juga penggemar berat Sitta Karina *tosss* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAA aku suka Sitta Karina!! Sayang banyak buku2 serialnya yang belum ada lanjutannya. Hanafiah, Aeriah, Stila-Aria...

      Hapus
  2. Awas nanti tertular penyakit menimbun buku ala Sulis Peri Hutan lo xixixi *pdhal sendirinya juga penimbun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah niiih.. udah mulai banyak timbunan.. Makanya, lagi rajin nyari2 rental yang koleksinya lengkap di deket kantor. mwahahaha

      Hapus
  3. Mba Nana yuuuuk ikutan posting bareng tiap bulaaan.. jangan ngabulin wish2 kita terus. hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen sebenernya.. ini yang November kalo KLA menang di polling di fesbuk aku ikutan deh. kkk.. Kmaren2 soalnya emang ga sempet beli bukunya. Soalnya temanya selalu diluar buku-buku yang suka kubeli. Jadi musti beli khusus kalo mau ikutan posting bareng.

      Hapus
  4. Lhe, apaa tu kok mencantumkan blog saya g bilang2?
    xD
    sebenernya aku juga pengen lo gabung BBI, cuma ngga tau caranya gimana n ngga sempet juga, mesti kelupaan =_=

    mau ganti skin blog juga ne,huhu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap.. Baru juga aku ketik Cha.. Kakakakk.. Tapi bener loh gara2 Cha aku nemu Goodreads Indonesia. Lha kamu belum gabung? cukup komen di post daftar blog buku yang linknya aku kasih diatas Cha. Ntar otomatis postingan kamu diupdate di agregator blog buku Indonesia: http://blogbukuindonesia.blogspot.com/

      Teman-teman BBI, ini teman saya mohon diajarkan. Blognya bagus lho. Ahahahaha...

      Hapus
    2. Cha *sok akrab*

      Ini kalo mau join gampang bgt, baca yg SPOILERnya aja ya disini http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/2012/10/saya-blogger-buku.html

      Hapus
  5. wah sepertinya saya baru kali ini berkunjung, keren themenya :)
    yuk semangat #postingbareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi terima kasiih.. Iya, suka sedih deh kalo ada posting bareng tp ga bisa ikut. Baru ikut pas historical fiction aja kmaren itu.. Pas ada bukunya soalnya. Pengen ikutan lagi deh

      Hapus
  6. Selamat hari Blogger Nasional juga!!!
    Sebenernya aku udah beberapa kali nengok Tell Me Your Wish, tapi belom pernah ikut :D agak ternganga aja ada yang rajin bikin giveaway tiap bulan :-O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Oky juga rajin bikin monthly giveaway kok #nyeretoranglaenbiaradatemen
      Aku suka baca2in buku wishlist orang. Jadi tau banyak buku yang sebelumnya aku bahkan ngga tau kalo itu buku bahkan ada. Hehe. Seneng juga kalo nemu buku yang tanpa diduga2 isinya bagus.
      TMYW masih ada sampe Desember kok. Tahun 2013 baru bikin konsep baru. Hihi. Klo mau ikutan monggo lhoo

      Hapus
    2. Hei, hei, aku lebih suka konsep Tell Me Your Wish lho *salingnyodorin*
      Lebih personal konsepnya, tapi berat sih kalo buat aku karena ga bisa ngasih hadiah GA buku 2nd #plakk

      Hapus
  7. Sering liat blog ini di retweet temen2 BBI belum pernah sempet nengokin. Akhirnya, berkat posting bareng ini jadi kesampaian main sini.

    Semoga besok2 bisa ikutan monthly giveawaysnya ahhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi!! Ayo sering main-main sinii..
      Iya, ikut aja giveawaynya. kali2 menang.. modal bujuk rayu aja kok. kkk...

      Hapus
  8. Balasan
    1. salam kenal juga mbak Peni!!! *lambai-lambai tangan*

      Hapus
  9. Blog mu itu cantik banget deh, mbak. Simpel dan bersih. Enak diliat. Pingin deh bikin blog kayak gini.

    Aku tau blog ini karena Tell Me Your Wish-nya. Tapi so far baru sempat ikut 1x

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahihi terima kasih ibu dokter..
      Oiya, yang bukunya Adhitya Mulya waktu itu yaa?? Si Pocong apa tuh? kkk.. aku juga sebenernya suka baca karyanya Adhitya Mulya, apalagi Gege Mengejar Cinta sama Traveler's Tale.
      Ikutan lagi dong TMYWnya..

      Hapus
  10. sama, aku tahu blog ini dari TMYW juga.. keren deh, tapi jarang bisa ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang.. masih banyak kesempatan kok. Hehe

      Hapus
  11. Btw, aku uda lama pengen tanya2 soal skin blog ini. Bikin sendiri kan yaaa? Ajarin dong :D:D:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin sendiri Ky.. Sebenernya.. karena nggak ngerti cara donlot skin orang...
      Dulu pernah ngedonlot dan coba masang tapi hasilnya ancur. Tau deh salah dimana.
      Akhirnya ya bikin sendiri << intinya, karena terpaksa

      Sebenernya templatenya asli dari blogger kok, nggak tambah coding apa2. Cuma backgroundnya bikin sendiri di colourlovers.com dan headernya juga bikin sendiri pake photoshop. Kapan2 kubikin tutorialnya deh.

      Oky juga ajarin dong cara bikin tag terpisah genre, penerbit, gitu2.. Aku taunya cuma code buat textarea. Boleh nih tema posting bareng selanjutnya "berbagi tips ganti layout blog"

      Hapus
  12. Aku suka baca blognya Nana tapi aku jarang bisa ninggalin komentar. Dan.... aku juga gak pernah ikutan Tell Me Your Wish karena bawaannya selalu mikir entar Nana gak suka deh sama bacaanku yang lebih banyakan romannya... Hehehe... Makanya sampai sekarang gak pernah berani ikutan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan doonggg.. Kali aja aku malah tertarik. Tinggal kasih bujukan maut aja. Selama ini pemenangnya juga nggak selalu yang buku pilihannya sesuai seleraku kok. hehe..

      Hapus
  13. Hallow.. Kok iya aku baru sekarang kesini ya? Salam kenal ya Nana.. :)ayo saling menulari wishlist, hehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Annisa. Hahaha.. Ayo saling menulari. Halah!! Timbunan makin banyak dwooonkkk... kkk

      Hapus
  14. Tahu ga sih, Mbak? Blog Mbak itu enak banget dilihat. Simple plus manis huehehe. Kepingin banget kreatip kayak Mbak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehhe terima kasih Linda *blushing*.
      Emang sengaja nggak mau ngeberatin yang baca kalo ngebuka blog ini, makanya ga dimacem-macemin *tapi sebenernya juga karena gue nggak tau banyak cara modif ini blog sih. LOL*
      Ayo sering-sering berkunjung!!

      Hapus
    2. Iya, sih. Blognya Mbak kalau dibuka minim kuota. *eh
      Hahaha. :D Keep posting review, ya, Mbak. Aku suka baca review, Mbak, lho. :))

      Hapus
  15. Halo, salam kenal. Kayanya baru lihat blog ini, templatenya cantik, lembut warnanya. Loh? Kok malah ngomentari template? hehe.

    enggar
    http://buku.enggar.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga....
      Thanks yaa *blushing*

      Wiih aku langsung meluncur ke blogmu niiih.. Hehe.

      Hapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...