Minggu, 15 April 2012

I For You

Kuterima tongkat estafet dari Stefanie Sugia << http://thebookielooker.blogspot.com >>

Judul buku: I For You
Pengarang: Orizuka
Tahun terbit: 2012
Jumlah halaman: 379 halaman
Penerbit: Gagas Media
Harga: Rp. 47.000


Akhirnya, buku terbarunya Orizuka terbit!!
Kali ini, tokoh-tokohnya orang Indonesia semua dan tidak ada hal-hal berbau Korea sama sekali (kecuali kutipan lagu di pembuka bab, ada beberapa yang lagu Korea). Baru pertama kali saya membaca novel Orizuka tanpa Korea.
Sebenarnya, hanya dengan membaca sinopsis di back cover, saya tidak bisa mendapatkan gambaran ceritanya, hanya petunjuk kalau cerita buku ini mungkin mengenai cinta yang tidak kesampaian. Namun saya nekad membeli karena buku-buku karya Orizuka yang pernah saya baca tidak pernah mengecewakan saya. Jadi, saya yakin yang ini juga tidak akan mengecewakan. Dan tenyata.... Saya benar. Hehe.

Buku ini menceritakan kisah seorang Putri dan seorang Pangeran. Putri itu bernama Princessa atau Cessa, sedangkan pangerannya adalah Benjamin atau Benji. Keduanya dikenal sebagai anak-anak orang kaya yang cantik dan tampan namun eksklusif dan sombong, terutama Cessa. Sejak kecil, Cessa dan Benji selalu home schooling. Baru ketika SMA mereka bersekolah di sekolah umum. Benji dikenal selalu menjaga Cessa sampai-sampai terkesan memanjakannya. Membukakan pintu untuk gadis itu, menjadi tameng tatkala ada bola nyasar yang hampir mengenai Cessa, dan selalu pergi kemana-mana berdua. Anak-anak lain hanya bisa mengagumi Cessa dan Benji dari jauh, karena Putri dan Pangeran tidak pernah bergaul dengan rakyat jelata.

Ketika Cessa akhirnya malah jatuh cinta dengan Surya yang miskin dan yatim piatu, seisi kelas heboh. Surya, yang tidak menyangka dan awalnya benci pada Cessa, akhirnya jatuh cinta juga pada Cessa yang cantik namun rapuh. Sayang, Benji sepertinya selalu hadir di tengah-tengah mereka. Walau mengaku tidak ada perasaan apa-apa dengan Cessa, Benji tetap tidak bisa melepaskan Cessa. Cowok itu terlalu overprotektif!

Berpacaran dengan Cessa membuat hidup Surya jungkir balik. Ia sangat menyukai cewek itu, namun kesal juga karena Cessa sendiri sepertinya tidak ingin melepaskan Benji. Kenapa Cessa tidak bisa percaya pada Surya? Ada apa dengan Cessa dan Benji? Kenapa begitu banyak hal yang dirahasiakan oleh mereka berdua? Apakah Cessa benar-benar mencintai Surya atau hanya mempermainkannya?

Waduuuh... buku ini membuat perasaan saya seperti diaduk-aduk. Karakter Cessa yang sangat polos dengan pertanyaan-pertanyaannya yang seringkali menohok itu benar-benar membuat saya geli pada awalnya. Lalu setiap interaksi Cessa dengan Surya juga seringkali mengundang senyum. Surya, si kutu buku tiba-tiba dikuntit seorang gadis aneh. Sungguh menghibur kelakuan Cessa ini. Saya membayangkan Cessa seperti Zooey Deschannel di serial New Girl yang suka berkelakuan nyeleneh namun sangat cantik seperti boneka. Namun, makin jauh saya membaca, saya mulai curiga ada yang tidak beres nih dengan Cessa. Dan benar, lama-lama ceritanya jadi sedih dan saya pun beberapa kali sampai berkaca-kaca membaca buku ini. Yang paling heboh sih tadi, ketika saya ngotot membaca buku ini di dalam Transjakarta sambil bergelantungan (saking nggak mau lepasnya dari buku ini). Pas di adegan yang membuat air mata sudah mau menetes, saya bingung antara mau melepaskan tangan saya yang sedang bergelantung untuk mengusap mata atau tidak (karena takut jatuh kaaan) dan ketika saya tak sengaja beradu pandang dengan mbak-mbak yang duduk di depan saya, ia tengah menatap saya dengan pandangan aneh. O'o... Jangan-jangan, tanpa sadar selama saya membaca tadi saya sudah mengeluarkan ekspresi yang aneh-aneh nih.

Lah, malah ngomongin pengalaman sendiri!!

Balik ke resensi... Yah, menurut saya novel Orizuka yang ini adalah yang terbaik dari yang sudah pernah saya baca. Melalui buku ini, banyak ilmu pengetahuan yang disampaikan. Baik itu tentang bintang, tentang mamalia, tentang penyakit, tentang... Lho kok jadi seperti nonton National Geographic??? Maklum, disini tokoh Surya memang sangat pintar dan ia gemar mengajari Cessa segala hal. Satu hal yang membuat saya kagum adalah riset Orizuka yang mendalam di novel ini. Senang sekali menemukan novel yang, selain memiliki cerita yang bagus, juga bisa memberikan pengetahuan baru pada pembacanya tanpa kesan menggurui. Semua pengetahuan itu ditulis mengalir seiring dengan jalannya cerita. I love it so much!

Saya juga suka kutipan lirik lagu-lagu yang digunakan Orizuka di awal setiap bab yang mencerminkan isi bab-nya. Kok bisa sih nyari lagu yang pas? Orizuka memang kreatif ya. Sebelumnya, di novel Infinitely Yours, Orizuka menggunakan judul-judul lagu Korea untuk judul babnya. Sekarang penggalan lirik lagu. Salut deh!

Kritik untuk buku ini mungkin adalah tentang cover yang kualitasnya mengecewakan, menurut saya. Kertasnya mudah rusak dan ngelotok di bagian pinggir-pinggirnya. Sayang sekali, padahal isinya sangat bagus dan saya mengharapkan buku ini bisa awet disimpan. Lalu mengenai sinopsis di back cover yang tidak memberi gambaran isi novel sama sekali. Isinya malah seperti puisi. Akibatnya, pembaca bisa ragu-ragu untuk membeli novel itu karena takut isinya tidak sesuai dengan perkiraan.

Overall, RECOMMENDED BANGET DEH buku ini. Ayo ayo dibaca, dibaca!! Hehe.

------------------------------------------ooo------------------------------------------
Buku ini bisa kamu beli di bookoopedia lho.. ini linknya: klik disini
Selanjutnya, tongkat estafet kuserahkan pada temanku di blognya, http://sinopsisuntukmu.blogspot.com

26 komentar:

  1. wahhh aku jg baru selesai baca buku iniii :DD
    nyesek bgt bacanyaaa ㅠㅠ
    untung endingnya ga mengecewakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... sedih banget. Tapi ceritanya bagus banget. huhu..

      Hapus
  2. kayaknya menarik.. Orizuka.. u,u pengen~

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. bagus banget ceritanya.
      keren lah..

      Hapus
  3. Stefanie sama Nana barengan nih postingnyaaa =))
    Aduh kapan ya sempet baca buku ini *lahbeliajabelom*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih. hehe..
      Beli. Beli. Beli.
      aku tag buat estafet bukunya ya ky. selamat merevieeeww.. lalalala..

      Hapus
  4. Haduh. Jadi penasaran. Buku Orizuka emang selalu bagus, tapi baru kali ini baca kalimat "...Yah, menurut saya novel Orizuka yang ini adalah yang terbaik dari yang sudah pernah saya baca..." huaaa jadi makin penasaran!

    Btw thanks reviewnya, langsung masukin ke #buylist-ku nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi dengan catatan buku2nya yang pernah ku baca tuh: Oppa & I, Fate, sama Infinitely Yours ya.. aku belum baca novel2nya yang lain. Dan dibanding yang udah pernah kubaca, I For You memang yang paling bagus. Padahal pas baca Infinitely Yours kemarin aku juga udah mikir buku itu yang terbagus. Hehehe...

      Ayo dibeli, nggak rugi deh..

      Hapus
  5. buku yang bagus buat di tulis di daftar belanjaan buku :)

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah baca karya Orizuka. Membaca review ini jadi pingin baca juga, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba. Nanti kalo udah baca boleh share pengalamannya ya..

      Hapus
  7. Karya terbaiknya Orizuka??
    Wooow, jadi pengen baca. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang udah pernah saya baca maksudnya... dan itu berarti terbaik dibanding Oppa&I, Fate, sama Infinitely Yours. Kalo Our Story sama The Truth About Forever dan lainnya saya belum baca.

      Hapus
  8. walaupun aku cowok, sebagai penyuka novel, Buku karya orizuka memang sangaatttttt lluuuaaarrr bbbiiiaaasssaaa

    BalasHapus
  9. wah ternyata penggemar Orizuka juga. Sempet kecewa dengan Fate karena sangat mirip dengan Oppa and I, tapi sakit hati terobati ketika membaca With You dan I For You ini. aku juga sempet berkaca-kaca, lumayan mengharukan. I For You adalah buku Orizuka terbaik setelah Our Story versi Kutu Bokek, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya udah lama naksir I For You tapi tiap kali ke tokbuk yg dibeli malah buku laen. hihi.. oke, sekarang tekad saya udah bulat nih, i'm gonna buy this book :D

      Hapus
  10. Buku-bukunya kak orizuka emang ngga pernah mengecewakan

    BalasHapus
  11. Wah, I For You yang kujadikan Tell Me Your Wish Oktobernya ternyata udah smpet direpiu sama Nana.....

    Tertarik baca ini. Pertama kali baca Orizuka di With You, kirain Korea2 semua. Kayaknya yang pas buatku sih yang kayak I For You ini.

    Soal blurb belakang, emang yang buatin biasanya pihak Gagasnya, bukan penulisnya deh :)) Mungkin gara-gara itu jadi beda.

    BalasHapus
  12. mulai tertarik sama bukunya kak orizuka sejak liat 'With You', tpi smpai sekarang belum terbeli juga *jder*

    BalasHapus
  13. Woo I for You!! ♥ pengen banget baca novel ini. Mau pnjm tmen tp msa dipinjem org lain, jd hrus bersabar deh. Tp skalin bc review ini jd mkin gk sbr :D

    BalasHapus
  14. ih iya manteb kali loh :D
    aku malah mau buat resensi novel itu --'

    BalasHapus
  15. hmm, baru beli seminggu yg lalu tapi belum sempet baca. mesti siap-siap tisu nih kayaknya...

    BalasHapus
  16. Di transjakarta sampe baca buku Kak? Subhanallah haha. Tapi kalo menurutku, buku Kak Orizuka paling bagus Infinitely Yours :D

    BalasHapus
  17. ka orizuka merupakan novelis favorit saya.. apalagi novel yang satu ini. benar-benar keren.. tidak menyangka dengan ending nya saya kira akan sad ending eh ternyata happy ending juga.. hidup ternyata tak harus selalu tentang bahagia.. meskipun kita orang kaya tak akan cukup untuk bisa bahagia.. tokoh surya di dalam novel ini memberi semangat bahwa orang tak punya bisa menjadi orang yang sukses karena otak pintar dan kerja keras.









    Numpang promo ya jangan lupa juga buat berkunjung ke blog saya:
    obat kista tradisional.
    obat pelangsing herbal
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...