Minggu, 22 September 2013

Buku untuk Sekolah


Hai teman-teman!! Ketemu lagi di postingan iseng non-review + giveaway saya. Kali ini saya mau ngebahas mengenai buku untuk sekolah. Bukan, ini bukan posting minta sumbangan buku dari teman-teman kok.. Jadi begini ceritanya...

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat melihat postingan meme Top 10 Tuesday blogger buku luar negeri dengan topik 10 Buku yang Seandainya Jadi Bacaan di Sekolah (ini contohnya). Para blogger buku memberikan banyak pilihan novel yang bagus-bagus, menurut saya. Lalu saya berpikir.. Iya ya, novel-novel luar negeri banyak sekali yang menceritakan kehidupan sehari-hari remaja namun tetap memiliki nilai positif dan membantu remaja mengatasi masalah hidup mereka sehari-hari. Novel-novel luar negeri banyak yang mengangkat isu perceraian orang tua, pergaulan yang salah, bullying, dan sebagainya dengan kemasan yang tetap enak untuk dinikmati.

Kebetulan, mama saya membuka les gratis untuk anak-anak tidak mampu di sekitar rumah. Murid-muridnya sekitar usia pra-sekolah sampai SMA. Tempat les mama saya lebih berfokus mengikuti kurikulum sekolah karena terus terang, kualitas pengajaran di sekolah mereka sangat kurang. Sekedar informasi, sekolah-sekolah tersebut, karena gratis, kebanyakan tidak peduli dengan bisa-tidaknya murid menerima pelajaran dan semua murid dinaikkan kelasnya walau sebenarnya tidak bisa menangkap pelajaran hanya karena mengejar terpenuhinya "Wajib Belajar 9 Tahun". Bahkan ada anak kelas 6 SD yang hampir UN tidak bisa perkalian sama sekali!

Anak-anak ini juga kebanyakan kesulitan mengolah soal matematika dalam bentuk soal cerita karena kurang suka membaca. Keadaan ekonomi mereka memang tidak memungkinkan mereka bisa membeli buku-buku cerita sebebas kita dan perpustakaan sekolah tidak menyediakan bacaan-bacaan untuk mereka. Selama ini mama saya dan beberapa guru memang sudah menyediakan bahan bacaan gratis untuk mereka, saya pun sudah beberapa kali menyumbang bahan bacaan. Namun buku-buku tersebut diberikan sebagai hadiah dan hak milik murid yang menerimanya. Sekarang saya sedang merencanakan untuk membuat perpustakaan kecil untuk mereka, supaya semua murid bisa membaca, syukur-syukur ada yang jadi hobi membaca. Selain buku bacaan bergambar anak-anak, saya juga ingin menyediakan novel-novel remaja di perpustakaan itu, supaya bisa dibaca oleh anak-anak usia 5 SD - SMA. Novel-novel itu harus berisi kisah yang mendidik tapi tetap fun untuk dibaca, supaya mereka jadi ketagihan membaca buku. Dan kalau bisa, yang cocok dibaca oleh anak-anak cowok juga.

Kira-kira, novel-novel apa yang bisa disediakan ya?

Kalau dari koleksi pribadi, saya sih akan memberikan:



  1. Dealova karya Dyan Nuranindya --> bercerita tentang cewek jago basket bernama Karra yang harus berhadapan dengan anak baru di sekolah yang sengak berat bernama Dirra.
  2. I For You karya Orizuka --> bercerita tentang Surya, si anak pintar, dan Princessa, si tuan putri yang eksklusif dan dijaga ketat pengawalnya, Benji.
  3. Oppa and I karya Orizuka --> Bercerita tentang sepasang saudara kembar, Jae In dan Jae Kwon, yang bertemu lagi setelah terpisah sekian lama.
  4. Unfriend You karya Dyah Rinni --> bercerita mengenai bullying yang terjadi di sekolah Katrissa dan bagaimana Katrissa menghadapinya.
  5. Fairish karya Esti Kinasih --> Bercerita tentang Fairish yang terpaksa menjadi pacar pura-pura Davi, anak baru yang dingin dan digandrungi seisi sekolah.
Nah, teman-teman juga bisa bantu saya kasih rekomendasi buku. Untuk 1 orang yang beruntung, saya akan memberikan hadiah berupa buku pilihanmu sebesar maksimal Rp. 50.000 (di luar ongkos kirim). Tulis rekomendasimu di komentar post ini dengan ketentuan:
  1. Format rekomendasi: judul novel dan pengarang, alasan kenapa menurut kamu novel ini bagus, dan link ke goodreads.
  2. Bisa 1 rekomendasi, bisa lebih. Tapi cukup ditulis dalam 1 komentar ya. 
  3. Bisa karangan pengarang Indonesia, bisa terjemahan.
  4. Novel harus yang masih bisa saya beli di toko buku ya. Kan saya mau belikan untuk murid-murid mama saya.
  5. Ingat sasaran pembacanya ya.
  6. Peserta berdomisili di Indonesia.
  7. Tolong cantumkan account twitter atau e-mail kamu di akhir komentar.
Giveaway ini ditutup pada tanggal 6 Oktober 2013. Pemenang akan diumumkan di blog ini dan saya akan kontak kamu.

Saya tunggu rekomendasi kamu ya!!

37 komentar:

  1. wah, mamanya Mbak Nana keren. Mau buka les-lesan gratis begitu. :D

    Saya langsung ngecek rak "Favorite" di GR dan mendapati kalau isinya kurang cocok semua sama tujuan pembacanya :|

    Kalau saya sih rekomendasikan "Lovasket" - Luna Torashyngu (http://www.goodreads.com/book/show/3175163-lovasket?ac=1)

    Ceritanya soal seorang anak kaya yang jatuh miskin karena ayahnya dituduh korupsi. Dia terpaksa pindah ke sekolah yang lebih jelek dari sekolahnya dulu. Nah, di sana dia berhasil membangkitkan klub basket putri hingga masuk ke sebuah kejuaraan besar.

    Saya suka ceritanya dan saya rasa tema kehidupan sekolah dan olahraganya cocok untuk pembaca muda. Isinya ada soal sportivitas, bagaimana menghadapi masalah yg datang tiba-tiba (bisa dilihat dari perubahan karakter utama yang down di sekolah barunya, hingga bisa membentuk tim basket yang baik), juga ada soal semangat tim. Untuk romansnya saya agak lupa, tapi kayaknya tidak kental deh.

    Saya cek di website BukaBuku sih bukunya ready stock. Seingat saya juga barusan ini bukunya dicetak ulang. Mungkin bisa coba dicek di tokbuk offline kalau mau.

    Semoga perpustakaan mininya bisa terwujud yah, Mbak.

    twitter: @biondyalfian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah penasaran juga sama Lovasket sejak lama. Mau cetak ulang? Wih bagus dong berarti.
      Thx rekomendasinya

      Hapus
    2. kalau gak salah Lovasket 4 juga belum lama terbit :)

      Hapus
  2. Mbak, maksudnya giveaway ditutup pada tanggal 6 Oktober 2013 ya? 6 September kan udah lewat.. T_T

    Btw, aku mau.. rekomendasikan dua buku yang baru saja aku baca:

    1. After School Club - Orizuka. Meskipun udah banyak buku Orizuka yang diambil Mbak Nana untuk ditaruh di perpus, aku tetep mau rekomendasiin buku Orizuka yang satu ini. Pertama, covernya fun banget ala ala anak sekolahan gitu. Kedua, ceritanya juga bagus, tentang sebuah klub belajar yang isinya anak-anak yang 'istimewa'. Dari buku ini bisa diambil sisi positif dari pertemanan yang terjalin di antara siswa-siswa After School Club. Selain itu, ceritanya juga easy to read dan ringan.

    2. Ring of Solomon - Jonathan Stroud. Selain Harry Potter, sepertinya buku ini wajib jadi pegangan anak kecil yang suka dunia fantasi. Dan aku pikir sekuelnya Bartimaeus yang ini cocok untuk jadi bahan bacaan di perpus. Ceritanya lebih seru, ringkas, dan simpel daripada Bartimaeus trilogi, plus cover dan cetakannya lebih eye-catching dibanding ketiga buku yang duluan terbit.

    3. This Lullaby - Sarah Dessen. Ini rekomendasi untuk anak SMA (yang agak serius, #ehem). Ceritanya so sweet tapi sisi positifnya adalah cinta itu pasti ada resikonya, kita tinggal memilih apakah resiko itu pantas untuk diambil atau tidak. Buku ini ngajarin juga untuk memandang patah hati itu adalah bagian dari hidup, jadi enjoy aja.

    Ketiga buku di atas yang ada di pikiranku saat ini, meskipun pasti banyak yang lainnya yang lebih worth it untuk memenuhi perpustakaannya Mbak Nana. Sukses ya buat perpustakaannya! Doain juga aku bisa buka perpus suatu saat, kalau udah punya rumah sendiri.. :"D

    Email: fennyherawatiyusuf(at)yahoo(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaaa 6 Oktober *tepokjidat*

      Wah After School Club aku juga kepikiran tuh. Kayaknya seru.
      Thx yaa

      Hapus
    2. Aduh, pas awal nulis komentar ini ada 2 buku yang kepikiran, buku This Lullaby tetiba aja aku rekomendasiin..

      Ini link Goodreadsnya..
      After School Club http://www.goodreads.com/book/show/15777324-after-school-club?from_search=true
      Ring of Solomon
      http://www.goodreads.com/book/show/7640705-the-ring-of-solomon
      This Lullaby
      http://www.goodreads.com/book/show/22205.This_Lullaby

      Hapus
  3. Halo mbak ^^ saya merekomendasikan beberapa buku yang terlintas dikepala ^^

    1. Hafalan Surat Delisa - Tere Liye
    Saya suka sama buku ini, karena perjuangan delisa yang walaupun hidupnya sudah dilanda musibah, tapi tetap tabah dan bersemangat buat kehidupan yang lebih baik. Tidak ada kata menyerah ^^
    https://www.goodreads.com/book/show/1376220.Hafalan_Shalat_Delisa?ac=1

    2. Laskar Pelangi - Andrea Hirata.
    Menceritakan tentang perjuangan anak-anak yang hidup di perkampungan buat sekolah. Walaupun keadaan sekolah tidak baik kondisinya, tapi mereka bersemangat untuk meraih cita-cita. ^^
    https://www.goodreads.com/book/show/1362193.Laskar_Pelangi

    3. Syarat Jatuh Cinta - Marin Josi, Purba Sitorus.
    Ceritanya remaja sekalii :D , tentang cewek yang merasa banyak kekurangan,terus naksir cowok yang populer disekolah. Perjuangan cewek tersebut untuk membuat dirinya sempurna akhirnya berujung fatal. Disini, makna cerita nya dalem banget >,< Tapi tenang aja, bukunya menghibur banget, karena tingkah para tokohnya kocak habis ;)) Kata-kata yang disajikan oleh penulis, buat kita sebagai pembaca sampai enggak sadar udah halaman terakhir aja :D
    https://www.goodreads.com/book/show/15754854-syarat-jatuh-cinta?from_search=true

    4. Wonder - R.J Palacio.
    Menyentuh banget ceritanya, tentang anak laki-laki yang mempunyai keadaan fisik berbeda dari yang lain. Mempunyai penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Walaupun ada keterbatasan fisik, tapi dia tetap semangat bersekolah dan meraih prestasi. Sampai yang awal mulanya banyak anak-anak yang mencemooh dirinya, akhirnya menjadi temannya. ^^
    https://www.goodreads.com/book/show/11387515-wonder

    waah, udah banyak rupanya >,< hihihi, sampe 4 aja :D semoga berkenan mbaaakk ^^;

    BalasHapus
    Balasan
    1. @DeltaYordani
      iam(dot)deltayordani(at)gmail(dot)com

      Hapus
    2. Wah Wonder aku punya tapi belum dibaca! Iya kayaknya pas nih.
      Nice recommendation. Thanks ya!

      Hapus
  4. Halooo mbak ^^
    link ke goodreadsnya gak apa buka dari akun goodreads ku kan? ._. Gak punya goodreads soalnya >.<

    Aku si ngerekomendasikan buku-buku-nya Enid Blyton mbak, yang kebetulan sedang diterbitkan ulang oleh gramedia. Seperti serial lima sekawan, sapta siaga, dll. Menurut saya buku-bukunya Enid Blyton pas banget untuk bacaan remaja ^^ Di dalamnya penuh dengan nilai-nilai persahabatan dan keberanian untuk meminta maaf dan memberi maaf ^^
    Ini ada bebera link dari goodreads untuk buku-buku Lima Sekawan:
    http://www.goodreads.com/book/show/319975.Five_Go_to_Demon_s_Rocks
    http://www.goodreads.com/book/show/5948526-lima-sekawan
    http://www.goodreads.com/book/show/319976.Five_Fall_Into_Adventure
    http://www.goodreads.com/book/show/74996.Five_Go_Off_in_a_Caravan

    Lalu serial Narnia karangan C.S Lewis juga keren mbak, melalui buku itu kita diajarkan untuk mengenal Tuhan dari sudut pandang yang berbeda ^^ Tapi sayangnya buku-buku ini sudah agak susah si didapatkan di toko buku dan pada beberapa hal malah agak SARA.
    Ini beberapa link dari goodreads:
    http://www.goodreads.com/book/show/11127.The_Chronicles_of_Narnia?from_search=true
    http://www.goodreads.com/book/show/100915.The_Lion_the_Witch_and_the_Wardrobe?from_search=true

    lalu little women karangan Louisa May Alcot, sebuah drama keluarga dimana dipaparkan tentang persahabatan, tanggungjawab, kebebasan berpikir dan mengungkapkan pikiran itu, kerelaan berkorban untuk orang-orang yang dicintai ^^ Pas pokoknya mbak untuk pembaca remaja: http://www.goodreads.com/book/show/1934.Little_Women?from_search=true

    Udah banyak ya? :p sebenarnya masih banyak si bacaan untuk remaja yang keren, seperti Harry Potter, buku-buku karangan Kate DiCamillo, buku-buku karangan Astrid Linger, buku-buku karangan Eva Ibbotson, buku-buku karangan Laura Inglas Wilder tapi ya itu mbak, sudah susah didapatkannya >.<

    BalasHapus
  5. Yang ada dipikiran aku sih cuma dua....
    1. Hugo Cabret by Brian Selznick http://www.goodreads.com/book/show/13457535-the-invention-of-hugo-cabret. Aku belum pernah baca meski udah dua kali beli bukunya buat hadiah Giveaway :) Bukunya emang tebel tapi kan banyak ilustrasinya dan--mengingat pengalamanku dulu--lebih mudah disukai anak-anak. Waktu aku kecil dulu gak pernah doyan sama buku yang gak ada gambarnya XD Tapi aku udah nonton filmnya. Kemarin lusa. Dan bagian akhir-akhir sempat berurai air mata. Nangis bareng Hugo :(

    2. Peter Pan. Aku gak bisa rekomendasiin yang mana. Karena aku cuma nonton filmnya dan bukunya masih masuk wishlist. Dan cerita Peter Pan juga banyak. Salah satu filmnya berhasil membuatku terkesan. Pas adegan Peter harus pisah sama anak perempuan karena ia lebih memilih tinggal di Neverland dan perempuan kembali ke dunianya. Di saat perempuan itu menjadi tua dan dewasa, Peter tetaplah anak-anak....

    Buku lain?
    Banyak sih. Tapi dua buku itu yang menurutku pas.... :)

    @ryana_maryana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa XD The Invention of Hugo Cabret :)

      Hapus
  6. buku buat anak-anak, aku langsung kepikiran:
    >> buku-buku karangan enid blyton, mulai dari seri lima sekawan, sapta siaga, mallory towers, dll.
    >> buku-buku karangan roald dahl, misal matilda, charlie and the chocolate factory, the witches, dll.
    secara dulu waktu kecil bacaannya gini2an dan ceritanya msih keinget terus sampai sekarang. adik2ku yang cewek maupun cowok seneng baca buku yang kurekomendasikan ini, dan waktu ada kumpul keluarga, aku dan adik2ku pasti ngobrolin tentang buku-buku itu yang kita baca bareng. gimana lucunya matilda, gimana petualangan lima sekawan, berandai-andai, dan cerita tentang bagian-bagian favorit yang berkesan. cerita di buku-buku itu keluarga banget :)

    BalasHapus
  7. Buku-buku berikut akan saya rekomendasikan dibeli.
    1. Young On Top : Billy Boen, Inspirasi untuk anak muda yang pengen sukses sejak usia muda. Meskipun isinya tentang sikap-sikap sukses di dunia kerja, tapi ga salah untuk bisa dibiasakan sejak di bangku sekolah.
    2. Serial Negeri 5 Menara : Ahmad Fuadi. Berisi tentang kisah seorang murid yang mampu menghadirkan semangat belajar dan meraih sukses dengan filosofi manjadda wa jada, penuh inspirasi untuk pantang menyerah dalam menuntut ilmu.
    3. Serial Anak-anak Mamak : Tere Liye. Terdiri atas 4 buku, berisi kehidupan sehari-hari 4 anak dari sebuah keluarga. Isinya penuh petualangan dan pesan moralnya cocok banget untuk bisa menghargai mengajarkan betapa besar perjuangan dan kasih sayang ortu untuk anak-anak.
    4. 9 Summer 10 Autumn : Iwan Setyawan. Berisi kisah anak desa yang akhirnya bisa kerja di New York. Ada kisah perjuangan untuk membuktikan bakti kepada ortu, serta sikap hidup untuk pantang menyerah,
    5. Notes From Qatar : Muhammad Assad. Berisi kisah inspirasi yang ditulis oleh Muhammad Assad tentang bagaimana perjalanan hidupnya hingga bisa sukses seperti sekarang. Ada hikmah dan pesan moral untuk rajin bersedekah -selain berusaha- sebagai cara untuk memperoleh impian.

    Semoga sukses ya rencana bikin perpusnya, salam untuk Mama (@atthia)

    BalasHapus
  8. 1. Wonder - R.J Palacio
    Banyak yang bilang novel ini berceritakan tentang seorang anak yang memiliki kekurangan namun ia pantang menyerah, meski ia berada di dunia yang tidak ramah.
    http://www.goodreads.com/book/show/11387515-wonder

    2. Liesl and Po - Lauren Oliver
    bercerita tentang pesan cinta dan kasih sayang, keluarga, dan kasih antar sesama,apalagi ada ilustrasi ilustrasi keren di dalamnya.

    http://www.goodreads.com/book/show/18060916-liesl-po


    @alvina13
    orybun@gmail.com

    BalasHapus
  9. Nana, salam yah buat Ibunya yang udah baik banget buka sekolah non-formal gratis. Saya salut! ^^

    Karena buku-buku yang diperlukan adalah kategori anak sampai remaja, dan bisa dibaca oleh lelaki juga, saya rekomendasikan buku-buku bernafas remaja yang semangat hidupnya tinggi. Karena Anak-anak/Remaja rentan meniru-niru dengan semangatnya yang meluap-luap kalau arahan bacaannya bagus pasti mereka akan meniru hal yang bagus-bagus juga. Apalagi perpustakaan yang Nana buat akan dibaca oleh mereka yang kurang mampu kondisinya. Jadi saya harap setelah membaca buku-buku ini mereka mempunyai semangat hidup yang tinggi.
    1. The Adventure of Tom Sawyer karya Mark Twain -> http://www.goodreads.com/book/show/9458852-the-adventures-of-tom-sawyer
    2. The Alchemist karya Paulo Coelho -> http://www.goodreads.com/book/show/865.The_Alchemist?ac=1
    3. 5cm karya Donny Dhirgantoro -> http://www.goodreads.com/book/show/1499340.5_cm?ac=1
    4. Tetralogi Laskar Pelangi karya andrea Hirata -> http://www.goodreads.com/book/show/1362193.Laskar_Pelangi

    Selain novel saya juga rekomendasikan komik. Karena semua orang suka komik dan tidak ada perasaan "hard to read" untuk anak-anak/remaja membaca komik. Gairah membaca yang sampai sekarang ini juga berkat jasa komik yang saya baca dari remaja. Komik yang saya rekomendasikan:
    1. Komik-komik karangan Variety Art -> komik jepang yang me-rewrite kisah-kisah klasik seperti Les Miserables, The Metamorphosis, Faust, dll. Anak-anak/Remaja bisa kenal karya-karya klasik dari komik-komik ini.
    2. Detektif Conan Series
    3. Detektif Kindaichi Series -> serial detektif membuat logika dan kemampuan analisis Anak/Remaja jadi tinggi.
    4. Slam Dunk Series -> mengejar mimipi, kesetiakawanan, dan kecintaan akan olahraga basket. 3 point yang seru banget di komik ini.
    5. Wild Life Series -> kisah tentang anak bengal yang berhasil menjadi dokter hewan karena kecintaannya. Mengharukan dan berfilosofi tinggi.
    6. Hai Miiko! Series -> ini anak-anak sekali dan sangat manis.

    Buku-buku dan komik-komik di atas masih ada di toko buku, atau via online ^^

    Salam,
    @aprieJ
    aprie.janti@gmail.com

    BalasHapus
  10. Rekomendasi dari saya:
    1. Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi.
    Bercerita tentang sekolah di Jepang yang kelasnya ada di gerbong kereta. Nama sekolahnya Tomoe Gakkuen. Siswa-siswanya aktif, dan kepala sekolahnya sangat memahami dunia anak-anak. Menyenangkan sekali membaca kegiatan para siswa di sekolah Tomoe. Anak-anak dapat belajar dengan senang, dibantu guru yang sangat menyayangi anak-anak. Sangat direkomendasikan untuk dibaca siapapun.
    Link goodreads http://www.goodreads.com/book/show/1328605.Totto_chan

    2. Dengerin Dong, Troy! karya Ade Kumalasari
    bercerita tentang fenomena tawuran yang banyak terjadi di sekolah, terutama SMA. Saya merekomendasikan buku ini karena temanya sangat dekat dengan kehidupan anak sekolah. Banyak manfaat yang bisa diambil dari novel ini.
    Link goodreads http://www.goodreads.com/book/show/6924775-dengerin-dong-troy

    @lulutfia_
    namakulutfia[at]yahoo[dot]com

    BalasHapus
  11. Hai, Kak..
    salam kenal! ^^

    Ini buku-buku yg aku rekomendasiin :
    1. High School Paradise The Series (High School Paradise, Love United, Best Friend Forever) karya Orizuka. Alasannya karena buku ini bagus banget. Apalagi temanya tentang anak sekolahan. Tentang persahabatan 4 orang cowok yang seru tapi ngga lupa sama percintaannya. Sekarang, novelnya udah cetak ulang lho^^
    Link goodreads : (http://www.goodreads.com/book/show/8549098-high-school-paradise), (http://www.goodreads.com/book/show/8548700-love-united), (http://www.goodreads.com/book/show/15266211-best-friends-forever?ac=1)

    2. Oppa & I : Love Mission karya Orizuka & Lia Indra Andriana. Ini buku enak banget buat dibaca remaja. Lanjutan Oppa & I ini masih berkisar tentang Jae Kwon & Jae In.
    Link goodreads : http://www.goodreads.com/book/show/17160792-oppa-i?ac=1

    Makasi,
    @ResitaPutri_07
    resitaputri1@gmail.com

    BalasHapus
  12. sejak saya ngajar les, rasa gak suka saya sama guru sekolah negeri timbul. Klo aja mereka niat ngajarnya kan gak ada yang harus les (yah saya sih ambil untung juga karena ada kerjaan), tapi, tapi, tapi sebagai orang yang gak ikut les-lesan, saya gak ngerti kenapa orang harus les (?), dan saya menyadari klo di luar sana banyak guru yang gak niat ngajar, iya kalo muridnya pinter dan niat semua ;A; Ibu Anda orang yang baik ya, semoga amal perbuatannya dibalas sama Tuhan ya :))


    anyway, saya gak kepikiran buku apa yang bagus buat anak2, soalnya sejak SD-pun bacaan saya udah berat (ukurannya). Laskar Pelangi? Eragon? Harry Potter? Narnia? mending yang kontemporer YA sih klo mau mengembangkan awareness mereka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mide, iya aku juga gara-gara suka denger cerita mamaku soal guru-guru sekolah murid-murid lesnya (yang kebanyakan anak sekolah negeri) jadi kesel banget. Mereka tuh ga peduli sama murid-murid.. Yang penting kewajiban masuk ke kelas aja terpenuhi. Masa murid kelas 6 perkalian aja nggak bisa? Huhu.. Tapi nggak semua guru sekolah negeri gitu siih, dulu waktu SMP aku les sama guru sekolah negeri, dia pinter banget dan bener-bener perhatian sama murid. Moga-moga masih ada guru yang kayak gitu.

      Thx yaa

      Hapus
  13. Aku mau rekomendasiin ini aja deh:

    The Chronicles of Audy: 4R
    Kenapa? Karena novel ini mengangkat tema kekeluargaan gitu. Ceritanya tentang seorang gadis bernama Audy yang nyasar ke sebuah rumah berisikan empat cowok bersaudara.

    @widywenny
    whenkneesstory@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. link nya lupa :D
      http://www.goodreads.com/book/show/18080500-the-chronicles-of-audy

      Hapus
  14. Hai Na...
    1. "Homeless Bird" karangan Gloria Whelan. Sudah diterjemahkan oleh Atria trus harganya juga di bawah 30rb. Buku ini bercerita ttg gadis di India yang berumur 13 tahun yang dinikahkan karena budaya. Kemiskinan mereka membuat keluarganya tidak bisa memilih jodoh yang ditawarkan pada dirinya. Yang menarik, gadis ini bisa berhasil bertahan hidup dalam tuntutan budaya, karena dia bisa membaca. Bagus deh...
    Ini linknya http://www.goodreads.com/book/show/15829058-homeless-bird

    2. The Scent of Sake - Joyce Chapman Lebra. Sudah diterjemahkan oleh Gagas Media. Ceritanya tentang gadis Jepang anak pengusaha sake. Dia berusaha mendobrak adat yang mengatakan bahwa perempuan tidak boleh terlibat dalam bisnis sake. Usahanya membuat dia terkenal sebagai pengusaha sake pertama di Jepang.
    http://www.goodreads.com/book/show/17732145-the-scent-of-sake

    3. Ginko - Jun'ichi Watanabe. Ini tentang dokter perempuan pertama di Jepang. Lagi-lagi karena budaya dia tidak bisa bebas membaca. Tapi kegigihannya membuatnya bisa menjadi dokter perempuan pertama di Jepang.
    http://www.goodreads.com/book/show/17152992-ginko?from_search=true

    @destinugrainy
    destinugrainy@gmail.com

    BalasHapus
  15. Rekomendasi saya:

    1. The Hobbit + Trilogi The Lord of the Rings dari J. R. R Tolkien
    Alasannya biar anak-anak itu juga bisa mengenal dunia fantasi nan menakjubkan ciptaan mbah Tolkien :) dan banyak sekali pelajaran berharga yang bisa diambil dari trilogi ini termasuk kesetiaan, pengorbanan dan semangat untuk pantang menyerah. Bisa juga nanti sekalian refreshing, nonton bareng versi filmnya yang tak kalah menakjubkan itu :))
    - The Hobbit: https://www.goodreads.com/book/show/5907.The_Hobbit
    - The Fellowship of the Ring: https://www.goodreads.com/book/show/34.The_Fellowship_of_the_Ring
    - The Two Towers: https://www.goodreads.com/book/show/15241.The_Two_Towers
    - The Return of the King: https://www.goodreads.com/book/show/18512.The_Return_of_the_King


    2. Serial Anak-Anak Mamak dari Tere Liye.
    Serial ini terdiri dari 4 buku: Burlian, Pukat, Eliana dan Amelia. Sayangnya seri yang berjudul Amelia sampai sekarang belum terbit :( tapi tenang kok mbak Nana, karena setiap buku ini menceritakan masing-masing anak yang berbeda, jadi sama sekali tidak mengganggu walaupun Amelia belum terbit. Pokoknya serial ini wajib dibaca anak-anak karena banyak mengandung pesan moral, sekaligus menghibur karena menceritakan-kenakalan-kenakalan masa kecil.
    - Burlian: https://www.goodreads.com/book/show/7101705-burlian?from_search=true
    - Pukat: https://www.goodreads.com/book/show/7737606-pukat?from_search=true
    - Eliana: https://www.goodreads.com/book/show/10116769-eliana?from_search=true


    @ariansyahABO
    ariansyahabo@gmail.com

    BalasHapus
  16. keren ibunya Nana, senenernya pengen bikin postingan tersendiri untuk giveaway ini, di mana aku mau merekomendasikan 10 buku juga, karena belum sempet aku kasih satu buku yang keren banget, buku yang bisa dibaca siapa saja, baik itu cewek atau cowok. Tema ceritanya pun nggak jauh-jauh dari kehidupan kita sehari-hari dan tentang sekolah juga, buku tersebut adalah

    Our Story by Orizuka
    link di goodreads http://www.goodreads.com/book/show/10048887-our-story?from_search=true
    link reviewku: http://kubikelromance.blogspot.com/2011/05/our-story.html

    Buku terbaik Orizuka kalau menurutku, alasannya mungkin bisa dibaca dari review yang aku berikan tadi, hehehe. Intinya sih tentang kehidupan nyata sekolah di negeri kita, banyak sekolah-sekolah yang kurang diperhatikan, padahal di sana bisa saja ada bibit negeri ini yang bisa mengharumkan nama Indonesia.

    buku ini nggak ada di olshop, tapi bisa kirim email langsung ke penulisnya atau ada di gramedia, jadi nggak bisa beri link di mana buku ini bisa dibeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya ini buku yang kayaknya menarik banget ceritanya. Orizuka sih emang ratunya cerita-cerita anak sekolahan yang seru yak. Thx Sulis diingetin. Hihi

      Hapus
  17. Mau rekomendasiin buku yang baru saja aku baca:
    1. Wonder - RJ. Palacio http://www.goodreads.com/book/show/15815945-wonder
    Tentang seorang anak yang mengalami kelainan genetik yang berusaha menjadi normal. Ia bersekolah di sekolah umum, berteman seperti biasa, dan mendapatkan prestasi akademik yang baik. Pesan moralnya bagus terutama untuk anak-anak dan remaja.

    2. The Chronicles of Audy: 4R - Orizuka http://www.goodreads.com/book/show/18080500-the-chronicles-of-audy
    Bukunya pas untuk remaja, karena tidak terlalu banyak roman dan lebih menonjolkan drama keluarga.

    @alizarinnn
    keikokukien28@gmail.com

    BalasHapus
  18. Wah, salut sama mamanya mbak Nana. Aku nanti kalo udah jadi ibu2 pengin gitu juga ah. *wooooy, masih jauh masamu liiiiiin!* :p Aku mau kasih tiga buku yang menurutku cocok mereka baca. Tiga nggak kebanyakan kan mbak? *lirik comment2 diatas yang rekomen banyak2*

    1) The Fault in Our Stars oleh John Green : ini novel bagus, kisahnya sederhana, tentang dua cancer survivors who live their best life sepanjang mereka masih dikasih umur. People should read this book, biar mereka bisa lebih menghargai hidup dan orang yang ada di sekitar mereka. :)
    link: http://www.goodreads.com/book/show/17163051-the-fault-in-our-stars---salahkan-bintang-bintang

    2) Berjuta Rasanya oleh Tere Liye : ini kumpulan cerpen sih. Bukan cuman tentang patah hati, tapi bagaimana kita menyikapi keadaan saat kita patah hati. Banyak makna yang bisa kita dapat di sini. Aku rasa cocok untuk para remaja yang mainannya 'jatuh hati-patah hati'. :p
    link: http://www.goodreads.com/book/show/13600043-berjuta-rasanya?ac=1

    3) Sepotong Hati yang Baru oleh Tere Liye : lanjutan Berjuta Rasanya, dengan cita rasa yang nggak jauh berbeda. Tapi di sini bukan hanya patah hati, melainkan juga bagaimana cara untuk 'hidup' kembali. ^^
    link: http://www.goodreads.com/book/show/16052709-sepotong-hati-yang-baru?ac=1

    Pokoknya buku-buku di atas RECOMMENDED banget mbak! Oh ya, sukses ya untuk mamanya mbak Nana ya, eh mbak Nana-nya juga deng. :D

    @lindemort
    znlinda[at]yahoo[dot]co[dot]id

    BalasHapus
  19. Halo mbak, ikutan yaa :)) Novel yang saya rekomendasiin itu adalah :

    Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela oleh Tetsuko Kuroyanagi. Novel ini menceritakan tentang kehidupan sekolah gadis cilik, Totto-chan. Disini kita bisa melihat beragam cara pendidikan yang menurut kita 'aneh' dan 'tidak biasa', tapi sangat menyentuh dan siapa tau bisa diterapin sama mamanya mbak Nana :) Terus juga bear-benar menceritakan dunia seorang anak kecil yang polos, yang dibalik sikap menyebalkannya sebenarnya punya maksud yang bagus. Mungkin kalo dibaca sama murid-murid mamanya mbak Nana, mereka bakal ngerasa 'kok aku banget ya?' hehe
    Link : http://www.goodreads.com/book/show/7665409-totto-chan

    Novelnya keren banget mbak, nilai moral dan pendidikannya dapat banget. Ada selipan sejarahnya juga loh. Baca novel, dapat ide buat mendidik anak-anak, juga bisa tau sejarah :)

    Nama : Dyah Muawiyah
    Email : dyaahmuawiyah@gmail.com
    Twitter : @dyahmuawiiyah

    BalasHapus
  20. Kalau ditanya rekomendasi buku buat anak sekolahan, saya selalu teringat sama 1 set Oxford Ensiklopedi Pelajar. Zaman saya masih sekolah dulu belum ada yang namanya internet/wikipedia, jadi saya senang membaca buku referensi yang ini. Kesan ensiklopedi ini ceria gak kayak beberapa ensiklopedi lain yang kesannya seram. Buku ensiklopedi juga cocok buat anak yang attention span-nya pendek, tiap entry hanya dibahas secara garis besar ditambah ilustrasi full color yang pasti disukai anak-anak. Saat ini sih saya masih nabung untuk beli buku ini ;p

    Kalau untuk ensiklopedi terlalu jauh, ini rekomendasi saya yang lain:
    Fantasy Fiesta 2010/2011 -->
    http://kastilfantasi.com/wp-content/uploads/2013/05/Kedai-Buku-Mei-2013.jpg
    http://www.goodreads.com/book/show/13322562-fantasy-fiesta-2011
    Kumpulan cerpen pemenang lomba cerpen fantasi fiesta. Kayak sekotak coklat yang isinya bikin kita berimajinasi.
    Titik Nol - Agustinus Wibowo -->
    http://www.goodreads.com/book/show/17253247-titik-nol
    Buku tentang perjalanan yang gak melulu membahas tentang tempat yang dikunjungi tapi juga dampak perjalanan terhadap kehidupan setelah kita pulang kembali ke rumah. Buku yang menginspirasi dan melecut semangat
    Komik QED -->
    http://www.goodreads.com/book/show/6743998-q-e-d-quod-erat-demonstrandum-vol-1
    Serial komik detektif yang memadukan ceritanya dengan ilmu sains dan matematika. Cocok untuk membantu siswa yang sulit mengerti soal cerita matematika karena komik ini mengajarkan nalar matematika secara tidak langsung yang terintegrasi dalam cerita. Better than Conan if I must say ;p

    Maaf yah kalau komennya kepanjangan hehehehe......
    Numpang ijin listing giveawaynya di blogku
    http://crescentonivy.blogspot.com/2013/10/list-giveaway-buku-indonesia-oktober.html
    silakan mampir dan ikut giveawaynya yah....

    Ashtrie Karana Putrie
    @Dmigia
    shinigami_light @ ymail. com

    BalasHapus
  21. kalu disuruhb saranin buku bingung juga nih, soalnya menurutku banyak banget buku yang bisa mengajarkan banyak hal pada kita, tergantung dari sudut pandang mana kita mengartikan kisah tersebut *cie bahasanya sesuatu banget* :D tapi kalo mau saran sih aku nyaranin
    1. She by Windhy Puspitadewi, buku ini ngajarin kita banyak hal seperti kita bisa belajar banyak hal tidak hanya dari orang-orang pintar dan buku-buku tebal. Kita dapat mendapat banyak pelajaran dari mana saja seperti anak badung di sekolah dan bahkan komik yang hingga kini masih banyak yang meremehkan jenis buku satu ini :D
    http://www.goodreads.com/book/show/2024805.sHe
    2. The Tales of Beedle The Bard: Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita by J.K. Rowling, ini kisah yang sangat seru banyak banget moral yang kita peroleh dari baca buku ini, sangat cocok untuk segala umur :)
    http://www.goodreads.com/book/show/6368699-the-tales-of-beedle-the-bard
    3. C.M.B. by Motohiro Katou, buku ini bisa memberikan gambaran berbagai daerah di dunia dan artefak-artefak yang terkenal di daerah tersebut, buku ini mengajarkan tentang sejarah, artefak, dan lain-lain bahasa yang digunakan juga lebih sederhana dari karya-karya motohiro katao yang lain
    http://www.goodreads.com/book/show/6555482-c-m-b-vol-1?ac=1

    A.A. Yutri Juliari
    @yuutri
    limbung.linglung [@] gmail.com

    BalasHapus
  22. Waw waw waw :D
    Kalo diminta rekomendasiin sih, banyak banget yang pengen aku rekomendasiin :D
    Ini buku-buku yang menurut aku sesuai dengan sasaran pembacanya kak ^^

    1.The Truth About Forever - Orizuka
    Inti novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang yang terkena AIDS untuk tetap hidup dan tentang bahaya narkoba. Dengan bahasa yang tidak membosankan pastinya :)
    http://www.goodreads.com/book/show/3187852-the-truth-about-forever

    2. Bangkok: The Journal - Moemoe Rizal
    Novel ini menceritakan tentang keluarga, persahabatan, perjuangan, pencarian jati diri, dan cinta. Jadi, dari novel ini, kita diajarin benyak hal dengan cara yang tidak menggurui. Cocok untuk semua kalangan :)
    http://www.goodreads.com/book/show/17844084-bangkok

    3. Morning Light - Windhy Puspitadewi
    Meceritakan tentang persahabatan 4 orang yang menjadi bayang-bayang orang terdekat ataupun keluarga mereka. Menceritakn tentang mimpi, impian, dan pencarian jati diri.
    http://www.goodreads.com/book/show/8844158-morning-light

    4. Dark Love - Ken Terate
    Menceritakan tentang bahaya dan kerugian seks bebas yang sedang marak-maraknya saat ini. sehingga mendidik agar tidak terjerumus ke seks bebas dan berfikir beribu-ribu kali untuk memasukinya.
    http://www.goodreads.com/book/show/15853636-dark-love

    5. Satria November - Mia Arsjad
    Mengangkat tema tentang Narkoba. Bahaya narkoba, kerugian narkoba, masalah yang ditimbulkan karena narkoba, dll. Novel ini sangat mendidik dan pas dengan keadaan jaman sekarang. Penggunaan bahasa dan dialog pun tidak membosankan.
    http://www.goodreads.com/book/show/16078353-satria-november

    6. Bittersweet Love - Netty Virgiantini & Aditia Yudis
    Menceritakan tentang permasalahan keluarga (perceraian orang tua, orang tua menikah lagi), persahabatan. Mengajarkan bagaimana menyikapi secara positif permasalahan keluarga tersebut sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.
    http://www.goodreads.com/book/show/13511824-bittersweet-love

    Yap, itu sebagian rekomendasi saya ^^
    Semoga membantu ^^

    Ila Aulia Rahmah
    @ilaciouss
    la_aulia97@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya, kalo di toko buku enggak ada, bisa cari di toko buku online seperti bukabuku.com kok kak :D

      Hapus
  23. 1. Burlian (Serial Anak-Anak Mamak) - Tere Liye https://www.goodreads.com/book/show/7101705-burlian?from_search=true
    2. Pukat (Serial Anak-Anak Mamak) - Tere Liye https://www.goodreads.com/book/show/7737606-pukat?from_search=true
    3. Eliana (Serial Anak-Anak Mamak) - Tere Liye https://www.goodreads.com/book/show/10116769-eliana?from_search=true
    "Serial Anak-Anak Mamak"-nya Tere Liye ini sebenarnya ada 4 (buku "Amelia" kabarnya baru akan terbit Oktober ini). Bercerita tentang kehidupan sehari-hari anak-anak kampung empat bersaudara (Eliana, Pukat, Burlian, dan Amelia) yang di masing-masing buku menggunakan sudut pandang tokoh utama yang namanya tertera di judul. Banyak hal yang diajarkan di dalamnya. Tentang keluarga, cita-cita, kejujuran, pengorbanan, dll. Dan seperti kebanyakan novel Tere Liye. lainnya, serial ini juga menghadirkan tokoh bijak dengan petuah-petuah yang 'jleb'. Oh ya, beberapa waktu yang lalu, SCTV menghadirkan kisah ke-empat bersaudara Eliana, Pukat, Burlian, dan Amelia ke dalam bentuk audio-visual dengan judul "Serial Anak Kaki Gunung" :)

    4. Sebelas Patriot - Andrea Hirata https://www.goodreads.com/book/show/11925891-sebelas-patriot?from_search=true
    Ceritanya tentang sepakbola, hal yang menurut saya sangat universal, tidak pernah kehilangan penggemar, dan tidak pernah mati. Alurnya sederhana, tidak rumit, dan mengalir begitu saja, tetapi tetap meninggalkan kesan. Terlebih jumlah halaman yang tidak banyak menurut saya cocok untuk menggugah semangat membaca bagi yang belum punya minat membaca yang besar :)

    @chenhakase

    BalasHapus
  24. bener-bener salut! sukses selalu ya buat mamanya yang sangat bersemangat untuk mencerdaskan anak bangsa. dan niat Nana bagus banget. lanjutkan!!

    Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar
    novel true story yang menceritakan perjuangan seorang anak umur 13 tahun dalam melawan kanker ganas. pasti tau dong ya.. pernah denger. ini novel kan fenomenal banget. dan yang pasti pas banget buat dibaca anak umur-umur SD karena gaya penulisannya ringan dan mudah diserap. Disini juga sangat mendidik banget buat anak SD dan ABG karena unsur semangat menjadi siswa berprestasi, semangat hidup melawan penyakit, dan semangat untuk tidak jadi anak yang broken home (gak kayak kakaknya) setelah orang tuanya bercerai. juga dia menunjukkan kalau dia sangat sayang dengan keluarga dan teman. pokoknya banyak banget pesan moralnya. dan kemarin novel ini masih nongkrong di gramed di sekitar tempat tinggal saya meski udah dari 2008 nih novel diproduksi.
    http://www.goodreads.com/book/show/4951041-surat-kecil-untuk-tuhan?from_search=true

    pokoknya wajib beli deh. soalnya yang ngerekomendasikan novel yang cocok buat anak SD dan ABG masih minim. kasian anak SD yang harus ngabisin novel super tebel punya andrea hirata dan sejenisnya. kasian juga kalau harus baca buku tentang percintaan para remaja. kayaknya mereka belum boleh baca yang kayak gitu. kan belum umurnya. itu aja deh rekomendasinya. hehe~

    t : @iindetya

    BalasHapus
  25. 1. Charlotte's Web by E. B. White, cocok dibaca untuk semua umur, terutama anak-anak. Fabel yang manis, lucu, dan mengharukan. Banyak nilai kehidupannya? Jangan ditanya. Baru2 ini dicetak ulang sama Penerbit Dolphin.
    https://www.goodreads.com/book/show/24178.Charlotte_s_Web?ac=1

    2. Cupcake Diaries series by Coco Simon
    berhubung baru 2 seri yang terbit, jadi saya kasih link GRnya dua seri itu aja ya. Recommend buat yang mau masuk SMP/ anak SMP. Karena ceritanya seputar pra-remaja di tingkat sekolah itu. Ceritanya ringan, bukunya tipis, cover & layoutnya unyu, ada resep cupcake-nya pula! Tapi buku ini khusus cewek, hehehe
    https://www.goodreads.com/book/show/10423421-katie-and-the-cupcake-cure?ac=1
    https://www.goodreads.com/book/show/9418145-mia-in-the-mix

    3. Summer by Loveyta Chen, sebenarnya cocok dibaca semua gender lho, covernya aja yg ngejreng. Bercerita tentang kembar cewek yang berbeda, yg satu sehat dan populer, yg satu sebaliknya. Tapi, mereka tetap saling menyayangi satu sama lain lebih dari apapun. Banyak kutipan2 inspiratif bertebaran di novel ini. Jadi, nilai moralnya pastilah segudang. Ini cocok dibaca anak SMP dan SMA. Dijamin, air mata bakal banjir pas baca bagian klimaksnya :"(

    4. Kane Chronicles series by Rick Riordan (The Red Pyramid, The Throne of Fire, The Serpent's Shadow). Berdasarkan mitologi Mesir versi modern yg disulap dengan apik oleh om Rick. Walaupun kental akan sejarah, tapi serius deh bener2 nggak bikin bosen! malah bikin ketagihan dan ngakak dan tegang jadi satu! Pokoknya, worth it deh kalo dibaca anak2 sekolahan. Kalo biasanya mereka cuma kenal mitologi Yunani doang, mereka akan tau mitologi Mesir juga nggak kalah keren dari Yunani. Menambah pengetahuan, kan?

    @meliarawr

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, lupa link goodreadsnya:

      3. Summer: https://www.goodreads.com/book/show/15755648-summer?ac=1

      4. Kane:
      The Red Pyramid https://www.goodreads.com/book/show/7090447-the-red-pyramid?ac=1
      The Throne of Fire https://www.goodreads.com/book/show/9067850-the-throne-of-fire
      The Serpent's Shadow https://www.goodreads.com/book/show/12893742-the-serpent-s-shadow

      Hapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...