Senin, 28 Januari 2013

Book Launching Magical Seira #1: Seira and the Legend of Madriva + GIVEAWAY!!!

Teman-temaaan!!!!

Maaf terlambat banget nih ngepost-nya. Maklum, 2 minggu kemarin saya kena demam berdarah dan harus diopname di rumah sakit. Setelah itu, sempat agak keliyengan kalau menatap monitor komputer. Sebenarnya, acara ini sudah saya ikuti cukup lama siih, tapi apa daya, baru bisa dipos sekarang. Semoga belum basi ya. Bukunya sih masih banyak kok di toko buku. Hehe..

Jadi gini...

Pada hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2013, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri Book Launching
Magical Seira #1: Seira and the Legend of Madriva karangan Sitta Karina
yang baru saja diterbitkan ulang oleh Penerbit Buah Hati pada bulan Desember 2012 kemarin. Wuih semangat banget saya, soalnya saya akhirnya bisa ketemu juga sama pengarang Indonesia favorit saya, Sitta Karina.

Ngomong‐ngomong soal pengarang Indonesia favorit, sebenarnya bukan Sitta Karina saja favorit saya. Namun, kalau dihitung dari jumlah karya yang saya baca, ya Sitta Karina lah juaranya. Saya pertama kali berkenalan dengan karyanya ketika Seluas Langit Biru terbit, sekitar tahun 2008‐2009. Kisah tentang Bianca Hanafiah rasanya menarik banget buat saya. Kisah Bianca yang tomboy dan jago beladiri tapi terpaksa nurut ketika harus dijodohkan dengan kolega bisnis keluarganya seru banget untuk dibaca. Sayang, kisah Bianca ini ternyata bukan buku pertama dari serial Hanafiah. Maka saya pun mencari buku‐buku Hanafiah yang lainnya dan akhirnya saya sudah membaca semuanya lengkap dari Lukisan Hujan sampai Titanium (favorit saya Pesan dari Bintang!!). Setelah itu, saya lanjut baca Aerial, Rumah Cokelat, Circa, dan Satu Hari Berani. Sayang, saya belum sempat baca Magical Seira karena copy‐nya keburu habis dimana‐mana. Maka, ketika tahu Magical Seira akan diterbitkan ulang (apalagi dengan cover cantik banget karya senior saya di SMA dulu, eMTe) saya pun semangat untuk beli dan baca bukunya!

Eh jadi cerita kepanjangan. Lanjut ke acara Book Launching!!

Bertempat di Gramedia Pejaten Village, acara Book Launching dimulai pukul 13:00 teng. Ketika saya
tiba di tempat, belum banyak peserta yang hadir, walau Sitta Karina sudah ada di depan. Saya pun
segera memilih tempat duduk di paling depan. Acara dimulai dengan perkenalan buku Magical Seira #1:
Seira and the Legend of Madriva oleh MC dilanjutkan tanya jawab dengan Sitta Karina. Saya nggak
ngerekam acara kemarin, jadi saya cerita berdasarkan ingatan aja, dan rangkumannya kira‐kira seperti
ini:
  • Magical Seira pertama kali terbit di tahun 2005 setelah 3 bulan dikerjakan oleh Sitta Karina *tepuktangan*. Sebenarnya, untuk serial, baik Magical Seira maupun Hanafiah, Sitta Karina sudah punya garis besar untuk keseluruhan cerita, jadi tinggal menuangkannya ke dalam naskah‐naskah buku yang dilakukan secara bertahap. So, untuk yang menunggu lanjutan serial Hanafiah, Sitta Karina sudah punya gambaran tokoh‐tokoh yang akan dibukukan selanjutnya lho!
  • Serial Magical Seira sendiri sebenarnya menggambarkan tentang remaja yang sedang mencari jati diri. Seira digambarkan sebagai seorang remaja yang hidup di dalam comfort zone‐nya. Hidup berkecukupan bahkan cenderung berlebihan karena dia berasal dari keluarga yang kaya, tapi, seperti ditulis di bukunya, Seira seperti hidup di dalam sangkar emas. Penuh kemudahan tapi juga tidak leluasa bergerak. Ketika Seira memutuskan untuk keluar dari comfort zone‐nya, ia malah tersedot ke dimensi Madriva. Dan di sana, ia memang dituntut untuk menjadi seseorang yang memang berbeda dari kehidupannya di Jakarta. Moral yang ingin dibagikan Sitta Karina melalui kisah Seira ini adalah bahwa setiap orang harus bisa menghadapi masalah yang dihadapi, bukannya malah kabur, kalau ingin maju. Walau kisahnya kisah fantasi, tapi sangat aplikatif kan?
  • Kenapa pilih genre fantasi? Karena ternyata Sitta Karina sejak dulu sering berkhayal, bahkan sampai punya imaginary friend yang suka diajak ngobrol! Wuiih, dipertanyakan nih apakah imaginary friend‐nya betul‐betul imaginary atau jangan‐jangan makhluk dari dunia lain? Hehe.. Selain itu, Sitta Karina selalu percaya kalau manusia tidak hidup sendiri di alam semesta ini. Jadi, timbullah ide untuk menciptakan dimensi lain selain dimensi kita, yaitu Madriva, dimana orang‐orangnya bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan di bumi (misalnya: bikin istana melayang di udara, menciptakan sesuatu dengan kekuatan pikiran, dsb.).
  • Apa kesulitan menulis kisah fantasi? Kesulitan yang utama dalam menulis kisah fantasi adalah menciptakan dunia di luar dunia yang diketahui pembaca dan membuat pembaca bisa mengerti gambaran dunia tersebut. Oleh karena itu, Sitta Karina juga melengkapi kisah Magical Seira ini dengan peta dunia Madriva, supaya pembaca bisaikut mengkhayalkan dunia Madriva. Oiya, selain gambar peta, Magical Seira juga dilengkapi ilustrasi‐ilustrasi bikinan Sitta Karina sendiri lho!
  • Buku Magical Seira ketika pertama kali terbit hanya terdiri dari 3 buku, tapi untuk edisi kali ini, Sitta Karina membuatnya menjadi 4 buku, dimana buku tambahannya berjudul Sand Castle, yang berisi kisah yang tidak dimuat dalam edisi sebelumnya. Di Sand Castle, akan ada satu tokoh dari keluarga Hanafiah dan terbit di antara buku ke‐2 dan 3. Terbitnya tahun 2013 juga lhoo!!!
  • Sitta Karina belum ada rencana memfilmkan buku‐buku karangannya karena keterbatasan waktu. Sekarang Sitta Karina memiliki 2 orang anak berusia balita yang harus dijaga tiap hari karena Sitta Karina nggak pakai baby sitter (hebaaat!!!!). Wuih, sayang ya, padahal buku‐bukunya Sitta Karina kayaknya oke banget kalau difilmkan. Mungkin ada fans Sitta Karina yang bisa bikin film dan berminat bantu membuat film? Ehehehe..
  • Terakhir, nggak ketinggalan tips menulis dari Sitta Karina, terutama buat calon penulis yang punya segudang kesibukan lain. Tetapkan jadwal menulis dan patuhi jadwal tersebut. Misalnya, dalam sehari kita targetkan menulis selama 2 jam. Nah, pakailah waktu itu untuk menulis, apakah itu cerita, blog, atau apapun untuk terus melatih otak kita untuk kreatif. Wah pantes aja, blog Sitta Karina update terus ya!!

Foto-foto dulu:
Sitta Karina sedang bercerita tentang buku Magical Seira

Sitta Karina dan saya!!! Itu yang dipegang mbak Sitta Karina buku Rumah Cokelat dan Magical Seira #1 saya lho!!

Nah, segini aja laporan pandangan mata saya dari acara Book Launching Magical Seira #1: Seira and the
Legend of Madriva karangan Sitta Karina. Buat teman‐teman yang belum beli bukunya, kebetulan saya
punya 2 buku Magical Seira #1: Seira and the Legend of Madriva bertanda tangan Sitta Karina untuk dibagikan gratis dari Penerbit Buah Hati. Caranya, seperti biasa, teman‐teman cukup mengikuti instruksi Rafflecopter di
bawah ini:

a Rafflecopter giveaway

Giveaway berlangsung 5 hari saja. Semoga kamu menjadi 2 orang yang beruntung!!

31 komentar:

  1. Soalnya saya penggemar cerita2 fantasi. jadi pengin baca cerita fantasinya Sitta Karina :D

    BalasHapus
  2. Aku kan koleksi buku-bukua Sitta, Na. Pengen aja lengkapin koleksiku dengan serial Seira ini

    BalasHapus
  3. wah, aku tertarik sama buku ini! fantasi gitu sih:D

    BalasHapus
  4. Review yg buat gregetan pengen cepet2 baca, dan pengen nambah koleksi buku fantasi untuk target baca buku tahun ini :)

    BalasHapus
  5. saya belum pernah baca karya2nya Sitta Karina... semoga setelah baca buku ini bisa menjadi penggemarnya :)

    BalasHapus
  6. Karena aku belum baca karya-karyanya Sitta Karina. Pengin nyoba baca. Mungkin mulai dari serial fantasi ini dulu. :D

    BalasHapus
  7. Kebetulan saya belum pernah membaca satu pun bukunya Sitta Karina.Jadi penasaran dengan gaya tulisan beliau. :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Aku udah lumayan sering dengar nama Sitta Karina selama ini. Tapi belum tergerak untuk membaca karyanya satupun. Nah, semoga serial fantasi ini bisa jadi buku Sitta Karina yang pertama kubaca :)

    BalasHapus
  10. kyaaaaaaaaa saya mauuu dan pengen ngebaca tulisan Kak Sita bergenre fantasi, pasti seru, penasaran versi romantisnya Kak Sitta dalam buku tersebut, apalagi ini pasti ada lanjutan sekuelnya, semoga saya beruntunggg, amin

    BalasHapus
  11. Udh niat mau beli buku ini,, dr awal emang udh ngoleksi buku2nya sitta karina cuma serial yg ini blum punyaa..
    Ahhh semoga bisa dapet buku nyaaa hopee..

    BalasHapus
  12. Sitta Karina itu salah satu pengarang favoritku dan aku juga suka genre fantasi, makanya aku pengen menangin buku ini. Thank you for hosting this giveaway ya!

    BalasHapus
  13. Sederhana aja aku uda pertama baca karya sittakarina walau cuma 2buku, tapi cara sittakarina bercerita aku suka banget,makanya pingin baca juga yang tema fantasi ini :D
    Wish me luck :D

    BalasHapus
  14. Aku dah pernah baca buku Sitta yg rumah coklat. Jadi sekarang mw coba baca bukunya yg terbaru apalagi cerita fantasy merupakan salah satu genre favoritku :)

    BalasHapus
  15. karena saya ga punya bukunya dan pengen deh dapet dari giveaway ini. dan sitta karina adalah salah satu penulis favoritku.

    duh, pengen juga deh novel-novel mbak sitta dijadiin film, apa daya aku ga kuliah perfilman. hiksss. :'(

    BalasHapus
  16. Karena penasaran banget sama buku-buku Mbak Sitta. Jujur satu pun belum pernah baca. Huhu kasian amat. Kenapa sangat tertarik dengan buku ini? Karena genrenya fantasi. Itu genre favorit saya. Semoga bisa menang :)

    BalasHapus
  17. sudah pernah dengar tentang mbak sitta karina, tp sayangnya blm punya satupun bukunya, penasaran juga sama bukunya yang bertema fantasi, mudah2an bisa mendapatkannya dari giveaway ini :)

    BalasHapus
  18. menjadi rajin baca buku :D harapannya ^^

    BalasHapus
  19. aku suka banget sama karyanya kak sitta karinaa. dan selalu kehabisan beli buku ini, semoga bisa dapet give awaynyaa

    BalasHapus
  20. Aku udah pernah baca Rumah Cokelat, dan buku ini berhasil membuat aku 'merenung'. Dulu banget, aku juga pernah baca bukunya Sitta Karina. So, pengen juga dong baca bukunya yang lain

    BalasHapus
  21. suka banget sama buku-bukunya Sitta Karina! jadi kalo ada buku yang baru dan belom punya tuh rasanya ada bagian hidup yang hilang gitu :D

    BalasHapus
  22. Alhamdullilah, udah punya Magical Seira yang seri #1 dan menunggu seri berikutnya. Sitta Karina juga penulis favorite saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya, semua buku serial ini langsung terbit di tahun 2013. Ga perlu nunggu lama jadinya. Doain untuk buku2 selanjutnya aku bisa bikin giveawaynya juga ya.

      Hapus
  23. Saya lagi ada project menulis novel. Pengen punya referensi bacaan yang bagus, tapi budget cekak.hehehe..
    Saya sudah lama follow twitter mba Sitta, jd pas ada info ini langsung jingkrak-jingkrak..Semoga dapeet..\^^/

    BalasHapus
  24. ingin memenuhi target baca buku ditahun ini yaitu 50 buah buku. salah satunya yaitu mengikuti giveaway berhadiah buku :) dan aku juga belum pernah membaca buku karangan Sitta Karina. Semoga dapat memilikinya :)

    BalasHapus
  25. Pengen banget baca Magical Seira. Apalagi yang nulis penulis lokal. Jarang2 nemu penulis fiksi dari Indonesia.... H

    BalasHapus
  26. Mau bgt dpt give away ini!! Sitta Karina adlh salah satu penulis fav-ku. Pertama kali baca Pesan Dari Bintang, lalu lukisan hujan, cerita ttg chris (bukunya dipinjem & ga balik._.) & sampai saat ini msh mencari koleksi hanafiah yg lain. Lg nunggu restocknya. Jujur, ngefans banget sm keluarga hanafiah. Mereka ga nyata, tetapi terlihat sgt nyata. Sitta Karina bs membuat mereka hidup. Bahkan sampai ada readers yg membuat twitter mereka & followernya ratusan. Wow kan! Hehe. Karena itu berharap bgt dpt give away yg bertanda tangan langsung Sitta Karina & baca cerita genre fantasinya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow! Another fan of Sitta Karina!! Ehehe. Aku juga suka banget Hanafiah, esp Inez dan Bianca. Ga tau ya kok malah lebih suka ceweknya ketimbang cowoknya. Eh tp aku suka Niki juga dey. Kkk.. Semoga beruntung ya!

      Hapus
  27. aku udah pernah baca bukunya mba sita karina, duluuuuu banget pas jaman smp kalo ga salah.. jadi pengen ngerasain sensasinya lagi (selama ini gak koleksi buku2 beliau karena pertama dulu blm kaya skrg dan kedua emang aku lbh suka cerita terjemahan)

    BalasHapus
  28. wah, semoga beruntung dapat giveaway book nya :D sebenarnya sudah baca semua buku Sitta Karina, dan super curious waktu tau Sitta republish Magical Seira series :D

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...