Rabu, 06 Juli 2016

Ke Mana Kau Pergi, Bernadette? + Giveaway

Judul: Ke Mana Kau Pergi, Bernadette?
Pengarang: Maria Semple
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2015 (asli 2012)
Halaman: 407
Harga: Rp. 80.000 (Rp. 64.000 di bukabuku.com)


Awalnya hanya rencana perjalanan ke Antartika, yang Bee minta sebagai hadiah kelulusan dengan nilai sempurnanya. Lalu, ibunya, Bernadette, menjadi heboh sendiri. Pasalnya, Bernadette bukan orang yang senang keluar rumah. Ia juga canggung berinteraksi dengan sesama orangtua murid dan tetangganya. Ia lalu menggunakan jasa asisten dunia maya dari India, Manjula Kapoor, untuk mengurus segala persiapan mereka--seperti yang biasanya Bernadette lakukan. Ia memang lebih nyaman meminta orang lain untuk berbelanja dan melakukan segala urusannya ketimbang melakukannya sendiri.

Lalu, tiba-tiba, Bernadette menghilang. Lenyap. Tak ada yang tahu dia ke mana, sampai Bee menerima setumpuk dokumen yang bisa menjadi petunjuk kepergian Bernadette. Lewat dokumen itu, segala rahasia Bernadette terungkap. Bernadette yang dulunya adalah arsitek genius, persinggungannya dengan mafia Rusia pembobol kartu kredit, sampai perselingkuhan Elgin Branch, suami Bernadette dan ayah Bee, dengan staf kantornya.

Hidup Bernadette sungguh berantakan. Jadi, ke mana dia pergi sebenarnya? Apakah dia akan kembali?

Ke Mana Kau Pergi, Bernadette? merupakan jenis cerita yang akan membuat pembacanya tak bisa berhenti membaca dan terus-menerus menebak sampai halaman terakhir bukunya. Karena disajikan dalam format beraneka jenis dokumen dari bermacam orang, maka pada awalnya, pembaca akan merasa kalau ceritanya begitu random dan melompat-lompat. Namun, semakin jauh membaca, maka kepingan puzzle yang sudah diberikan dari awal akan semakin menemukan tempat yang pas dan sedikit demi sedikit, rangkaian ceritanya mulai terbentuk dan terbaca.

Dan juga, karena disajikan dalam bentuk beragam dokumen yang ditulis bermacam orang, pembaca pun terbantu untuk melihat karakter setiap tokoh yang ada di buku, yang merupakan penulis dokumen tersebut. Saya salut dengan kemampuan penulis menyampaikan ceritanya dengan cara yang begitu unik dan juga menghidupkan tiap karakter tokoh-tokohnya. Semua begitu detail, seakan-akan tokoh-tokohnya benar-benar hidup dan ada di dunia nyata. Selain itu, dari awal sampai akhir saya benar-benar tak bisa menebak ke mana penulis membawa ceritanya. Serius, bahkan sampai tamat pun saya masih bengong. Seru banget!

Tokoh favorit saya di cerita ini adalah Bee, si anak pintar yang selalu menyayangi dan menerima ibunya bagaimana pun keadaannya. Ia anak yang tangguh dan tidak mudah putus asa. Dan yang saya paling sebal adalah Soo-Lin, si karyawan yang bisa-bisanya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Ada juga Audrey Griffin yang kelakuannya cukup menyebalkan, tapi sepertinya dia hanya tipikal ibu-ibu rumah tangga kurang hiburan yang merasa tersinggung karena tidak diacuhkan Bernadette dan di akhir-akhir, hidupnya cukup menyedihkan. Jadi, ya sudahlah ya...

Singkatnya sih, buku ini wajib kamu baca kalau kamu ingin baca cerita petualangan yang tak tertebak dari awal hingga akhir, dengan penyampaian yang unik. Walau cover-nya seperti buku chicklit, buku ini sebenarnya bisa dibaca siapa saja kok, dan isinya sangat jauh dari chicklit.

------- GIVEAWAY -------

Saya akan memberikan buku ini kepada satu orang yang berminat (dan beruntung, jika peminatnya lebih dari satu). Perlu diketahui kalau buku ini saya beli dalam keadaan bekas dan tentu sudah terlihat ada bekas dibaca. Jadi, kalau kamu mendapatkan buku ini, kamu akan jadi pemilik ketiga.

Seperti biasa, silakan komentar di bawah dengan alasan kamu mau buku ini beserta nama dan akun twitter kamu (share tentang giveaway ini tidak wajib, hanya supaya saya gampang hubungi kamu kalau kamu menang). Domisili harus di Indonesia yaa... Dibuka sampai tanggal 13 Juli 2016.

Kalau kamu menang, silakan baca bukunya dalam jangka waktu 1 bulan, tulis review-nya di Goodreads atau blog kamu dan infokan ke saya di akun twitter @_marsh113_ atau di komentar pos ini. 

Semoga beruntung dan bisa bertemu Bernadette!


4 komentar:

  1. Halo, Kak Nana :)
    Salam kenal.

    Setelah baca reviewnya, saya tertarik buat baca buku ini. Alasannya, karena saya jarang sekali baca buku cerita petualangan seperti ini. Selain itu, kenapa saya tertarik sama buku ini adalah karena penasaran sama ceritanya. Saya ingin tahu seberapa seru jalan ceritanya yang bikin Kak Nana ngga bisa nebak ceritanya sampai akhir. :)

    Nama : Resita Putri
    Twitter : @sapta_resita
    Link share : https://twitter.com/sapta_resita/status/750673314733969409

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kamu menang buku ini. Silakan kirim data alamat dan no tlp yang bisa dihubungi ke martina.s.daruli@gmail.com ya.

      Hapus
  2. Buku ini unik, karena memiliki cara cerita dengan beragam orang. Setidaknya membaca buku ini membuat pembaca ikut berfikir mau dibawa kemana cerita di buku ini. Saya jarang membaca buku tentang petualangan. Saya juga selalu senang membaca buku yang membuat saya tidak ingin berhenti membaca. Semoga kesampaian keinginan membaca buku ini.

    Wulida Nadhila
    @jm_nim
    https://twitter.com/Jm_nim/status/750988635080646656

    BalasHapus
  3. Karena cara menceritakannya seperti buku Delapan Sisi. Cerita yang melompat-lompat dan baru terlihat benang merahnya waktu mendekati bab akhir itu bikin penasaran dan greget banget.

    Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/751140960730439680

    BalasHapus

Berikan pendapatmu mengenai post yang kamu baca di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...